Horeee… Kelompok Tani di Maros Dapat 64 Traktor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Horeee… Kelompok Tani di Maros Dapat 64 Traktor

FAJAR.CO.ID, MAROS — 64 kelompok tani di kabupaten Maros mendapatkan bantuan tractor dua roda dari Kementerian Pertanian (Kemenpan). Kadis Pertanian Maros Burhanuddin didampingi Dandim 1422 Letkol Inf Sunarto menyerahkan ‎traktor itu keepada petani, Kamis 29 Oktober.

Burhanuddin menuturkan, 64 kelompok tani yang menerima bantuan Kemenpan itu sejatinya masih kurang. Pasalnya di Maros ada 800 kelompok tani‎. “Seharusnya semua dapat, tapi ini saja lewat seleksii ketat,” katanya kepada FAJAR.

Selama ini, bantuan traktor Maros tidak pernah lebih dari sepuluh unit. Namun kali ini sampai 64 unit, bahkan Kemenpan juga mendapatkan dua traktor roda empat.

“Ini suatu kemajuan. Kita berharap bantuan tractor ini dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas beras di Maros,” sebutnya.

Letkol Inf Sunarto menambahkan sejak tanggal 15 januari 2015, antara TNI AD dan Kemenpan telah ada perjanjian peningkatan mutu dan jumlah hasil panen petani. TNI AD berkomitmen mendampingi petani dan mendukung target nasional swasembada pangan.

“Bagusnya Maros karena kita telah surplus beras. Jadi kita tinggal mempertahan bagaimana caranya untuk Maros bisa tetap surplus, ” katanya.

Maros merupakan salah satu kabupaten di Sulsel yang telah berhasil melakukan surplus beras. Pada Agustus lalu, produksi padi Maros mencapai 7,1 ton per hektar. Jumlah itu melampaui target nasional yang hanya 5,7 ton per hektar.  (ris/wik)

To Top