Pekan Depan Hujan Lebat Guyur Sumatera dan Kalimantan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Pekan Depan Hujan Lebat Guyur Sumatera dan Kalimantan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kerja keras meredam bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai menunjukkan tanda-tanda positif. Penyebaran garam ke dalam awan-awan potensial berhasil menjatuhkan hujan buatan. Malah tak lama sesudahnya turun hujan alami

“Hujan mulai turun di sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan pada Selasa (27/10) dan hari Rabu (28/10). Masyarakat pun menyambut suka cita dan mengucapkan puji syukur setelah 2 bulan lebih disandera asap,” Kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho ‎ dalam keterangan resminya, Rabu (28/10).

Tercatat hujan turun dengan intensitas ringan-sedang-lebat sejak Selasa hingga Rabu di Riau (Pelalawan, Kampar, Rokan Hulu, Siak, Tembilahan, Dumai), Jambi (Kota Jambi, Kuala Tungkal, Berbak, Telanai, Tanjung Jabung Timur), Kalsel (Tanah Bumbu, Banjar, Kotabaru), Kalteng (Palangkaraya), Kaltim ( Samarinda, Berau).

“Hujan menyebabkan kepekatan asap berkurang, udara segar, dan jarak pandang menjauh,” ucapnya.

Hujan telah menyebabkan jarak pandang dan cuaca membaik. Di Padang jarak pandang 1.000 m berasap, Pekanbaru 1.200 m berasap, Jambi 1.700 m berasap, Palembang 2.000 m berasap. Sedangkan jarak pandang di Pontianak 10.000 m berawan, Ketapang 500 m guntur, Palangkaraya 600 m berasap, Banjarmasin 8.000 m cerah berawan.

Begitu juga indeks kualitas udara (PM10) juga membaik. Jika sebelumnya Riau, Jambi dan Palangkaraya selalu level berbahaya.

“BMKG memprediksikan seminggu ke depan akan banyak hujan di Sumatera dan Kalimantan. Awan tersedia cukup banyak sehingga hujan buatan akan diintensifikan,” tandas Sutopo. (hyt/JPG)

loading...
Click to comment
To Top