Pulau Samalona Tidak Terlihat dari Losari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pulau Samalona Tidak Terlihat dari Losari

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Dampak cuaca panas ekstrim yang terjadi dalam lima bulan terakhir mengakibatkan terjadinya kabut yang menyelimuti hampir seluruh wilayah kota Makassar. Fenomena tersebut merupakan kabut haze yang terjadi akibat suhu yang terlalu tinggi.

Tokoh masyarakat Sulsel, Andi Ilhamsyah Mattalatta menjelaskan dampak fenomena kabut haze tersebut. Pulau Samalona yang sehari-harinya menghiasi keindahan pemandangan dari pantai Losari sekarang tidak terlihat lagi dengan jelas.

Laporan nelayan dan para pemancing, jarak pandang pulau Samalona sekarang paling jauh hanya satu mil atau 1,6 km. Padahal jarak Samalona dan Makassar itu sepanjang 3,6 mil atau setara 5,8 km.

Pantauan dari Pantai Losari, tampak kabut menyelimuti perairan Makassar, siang tadi, Kamis 29 Oktober. Tampak perahu nelayan tidak terlihat jelas. Begitu pula dengan perahu yang dijadikan transportasi antarpulau yang akan merapat ke pelabuhan Kayu Bangkoa. “Jadi nanti mendekati 1 mil baru mulai terlihat samar-samar. Jarak pandang ini tentu saja dipengaruhi oleh kabut,” ujar Andi Ilhamsyah Mattalatta.

Putra Andi Mattalatta itu berharap pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi Sulsel merespons kondisi itu. “Pemerintah perlu mengambil langkah konkret. Bahaya bagi kesehatan dan masyarakat yang banyak di laut,” katanya. (Idham Ama/jai)

Click to comment
To Top