Tak Berlabel SNI, Ribuan Lampu dan Pompa Air Listrik Dimusnahkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Tak Berlabel SNI, Ribuan Lampu dan Pompa Air Listrik Dimusnahkan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan telah menarik produk impor lampu swa-ballast merek Citylamp dan pompa air listrik merek Lakoni. Jenis itu tidak sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Lampu swa-ballast yang dimusnahkan merek Citylamp sebanyak 51.050 buah untuk tipe 2U 3.750 buah untuk tipe 3U, 5.250 buah untuk spiral. Sedangkan untuk pompa air merek Lakoni tipe SP-127 (seri produksi 4000001 s/d 4059999) sebanyak 75 unit.

“Saat ini, lampu dan pompa tersebut telah ditarik dari peredaran. Dan pelaku usaha meminta kepada pemerintah untuk melakukan pemusnahan,” ungkap Dirjen SPK Widodo dalam releasenya, Kamis (29/10).

Widodo mengingatkan, pemusnahan untuk melindungi konsumen dari kemungkinan kerugian terkait dengan keamanan, kesehatan, keselamatan dan lingkungan (K3L).

Kemendag mengapresiasi kesadaran pelaku usaha menarik dan memusnahkan duaproduk itu. Scara langsung maupun tidak langsung, mereka telah ikut menyelenggarakan perlindungan konsumen dengan baik.

“Saya harap langkah pelaku usaha memusnahkan barangnya yang tidak sesuai SNI ini akan lebih mengharumkan nama perusahaannya,” pungkas Widodo.

Penemuan produk-produk tak sesuai SNI ditemukan Dinas Perindag Propinsi Riau, Propinsi Kepri dan Kota Batam.

“Selama ini, penyederhanaan peraturan-peraturan dilakukan dengan tujuan agar dunia usaha dapat lebih kondusif dalam menjalankan kegiatan usaha,” tutupnya. (tny/JPG)

 

loading...
Click to comment
To Top