Wow… Revolusi Tani Massedi Buktikan Pohon Tomat Setinggi 3 Meter – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Wow… Revolusi Tani Massedi Buktikan Pohon Tomat Setinggi 3 Meter

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Salah satu program yang dibawa oleh pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Masykur Andi Sulthan-Andi Edy Manaf atau yang dikenal dengan tagline Massedi ke masyarakat adalah revolusi tani. Program tersebut langsung memberi bukti.

“Tanaman tomat ini baru ditanam sekitar dua minggu lalu. Hari ini, kita saksikan langsung pohon tomat tersebut sudah setinggi dua meter lebih,” ujar Fahidin HDK, jubir Massedi, 29/10.

Program revolusi tani yang dikampanyekan pasangan Massedi adalah program yang memberikan edukasi (penyuluhan) kepada masyarakat tentang cara bercocok tanam yang cerdas. Petani tidak melulu harus kerja keras untuk menghasilkan hasil tanam yang bagus. Tapi, dengan kerja cerdas, hasil yang didapat bisa dua kali lipat dari sekedar kerja keras.

“Salah satu bukti kerja cerdas adalah pohon tomat ini. Dulu kita sering dengar adagium gantung diri di pohon tomat. Sekarang mungkin orang sudah takut gantung diri di pohon tomat. Karena ini buktinya, pohon tomat di Bola Cippe’e, Desa Paenre Lompoe, Kecamatan Gantarang sudah setinggi dua meter lebih,” gurau Fahidin.

Bahkan Fahidin menjelaskan bahwa dengan program revolusi tani ini akan kita buktikan bahwa pohon tomat bisa sampai setinggi 8 sampai 11 meter yang bisa hidup sampai 8 tahunan. Hasil buahnya pun, lanjutnya, satu pohon tomat bisa sebanyak satu mobil pick up.

Selain itu, jelas Fahidin, masyarakat juga diajari bagaimana menanam padi dengan modal, misalnya, lahan satu hektar bisa menghasilkan hasil panen setaraf dua hektar. Begitu juga dengan tanaman lain. Menananam cengkeh dengan hasil cengkeh yang bagus tidak perlu harus menyiram tiap hari. Tapi ada trik agar kita tidak terkuras tenaga untuk selalu menyiramnya. Petani cengkehpun diajari cara paling efektif membasmi penggerek batang cengkeh.

“Bahkan, kita ajarkan mereka bertanam cengkeh yang dalam dua tahun bisa tiga kali panen. Merekapun bisa menggunakan cara cerdas sehingga  tetap bisa tanam cengkeh tanpa mengenal musim. Dalam pengertian bisa memindahkan musim panen,” jelas Fahidin.

[NEXT-FAJAR]

Pada prinsipnya, program revolusi tani Massedi adalah program yang langsung memberi manfaat dan bukti pada masyarakat tanpa harus menunggu paslon Massedi terpilih jadi bupati dan wakil bupati.

“Bukan hanya tanaman tomat, cabai, bawang, padi, cengkeh dan cokelat. Tapi berbagai macam tanaman lainnya yang menjadi aktivitas bertani masyarakat kita berikan pengetahuan pada mereka cara menanamnya dengan baik dan cerdas,” katanya.

Program revolusi tani yang dibawa Massedi menggandeng konsultan pertanian yang sudah lama belajar dan meneliti soal tersebut di Bangkok, Thailand.

“Dengan program ini kita berharap para petani bisa lebih produktif, menekan angka pengeluaran rumah tangga dan bahkan, bisa menghasilkan tambahan lebih bagi pendapatan ekonominya. Program Desa Sejahtera Massedi, langsung kita aplikasikan dan buktikan!,” kunci Fahidin. (*/rls/hrm)

loading...
Click to comment
To Top