BTPN Gencarkan Program Bank Tanpa Kantor di Sulsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

BTPN Gencarkan Program Bank Tanpa Kantor di Sulsel

MAKASSAR, FAJARONLINE — Konsep bank tanpa kantor terus dikembangkan sejumlah perbankan di dalam negeri. Agen bank berupa perorangan, yang menjalankan sebagian fungsi bank, dijalankan oleh BTPN, dengan nama produk BTPN Wow!

Hal itu disampaikan Sales Management Head BTPN Wow, Moh Reza Rizal, dalam talkshow yang digelar BTPN, bekerjasama dengan media pers nasional, Koran Sindo di Kafe Pelangi Jalan Botolempangan, Jumat 30 Oktober.

Reza mengungkapkan, konsep bank tanpa kantor, yang di Indonesia disebut Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif), akan membantu membuat lebih banyak lagi orang yang memiliki rekening. Khususnya mereka yang ada di desa-desa dan jauh dari kantor bank.

“Survei Global Financial Inclusion Index tahun 2014, baru 36 persen orang dewasa di Indonesia yang memiliki rekening di bank,” terang Reza dalam diskusi tersebut. Salah satu narasumber yang hadir dalam talkshow, adalah Kepala OJK Sulampua, Bambang Kiswono.

Seperti bank lain yang sudah menjalankan Laku Panwai, BTPN wow menggarap masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM. Agen-agen laku pandai menjalankan sebagian fungsi perbankan, seperti menerima setoran tabungan masyarakat, khususnya mereka yang di pelosok dan jauh dari bank.

“Selain itu, masyarakat sudah bisa menabung secara non tunai, atau uang elektronik, cukup dengan ponsel. Kita menggunakan teknolosi USSD (Unstructured Supplementary Service Data), yang memungkinkan segala jenis ponsel berbasis GSM, bisa bertransaksi, bahkan dengan sinyal minimum. Tidak harus pakai smartphone,” katanya.Hasbi Zainuddin

loading...
Click to comment
To Top