Bumil, Cegah Ambeien dengan Cara Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Bumil, Cegah Ambeien dengan Cara Ini

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ibu hamil membutuhkan banyak zat besi dan kalsium untuk keperluan kesehatannya juga janinnya. Namun jika berlebih, bisa membuat ambeien. Lantas bagaimana mengatasinya?

Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSWS Makassar, Dr.dr.Isharyah Sunarno,SpOG (K) menuturkan ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah ambeien pada ibu hamil.

[NEXT-FAJAR]

Apa saja? Berikut tipsnya;

– Tidak mengkonsumsi suplemen zat besi dan kalsium yang berlebihan

– Makan cukup serat, seperti roti gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, sereal dan sayuran. Di lain pihak, makanan mengandung serat berlebihan dapat menyebabkan : rasa begah, sering kentut, bahkan nyeri perut atau mulas, sehingga tidak dianjurkan ibu hamil mengkonsumsi serat yang sudah diproses dalam bentuk kemasan. Makanan terbaik dan aman bagi ibu hamil adalah makanan alamiah.

– Banyak minum air putih maupun minuman sehat lain, minimal satu atau dua liter per hari (enam sampai delapan gelas)

– Kurangi makanan banyak mengandung lemak, khususnya lemak pada daging, makanan manis, dan makanan siap saji maupun makanan kaleng, terutama jika sedang ambeien sedang meradang

– Lakukan latihan ringan seperti jalan santai.

[NEXT-FAJAR]

Selain itu, beberapa cara berikut juga membantu mengurangi keluhan ambeien dalam kehamilan :

– Berendam dalam air hangat (dengan suhu 40°C sampai 50°C selama 10 menit) dan sabun beberapa kali dalam sehari

– Kompres dingin atau gunakan es batu pada anus beberapa kali sehari untuk mengurangi bengkak

– Jaga kebersihan anus dan daerah sekitarnya dengan sering membilas (cebok) dengan menggunakan sabun yang tidak mengandung parfum ataupun alkohol

– Hindari duduk atau berdiri terlalu lama karena posisi duduk memberikan tambahan tekanan pada pembuluh balik di daerah anus dan rektum

– Salep-salep untuk ambeien yang dijual bebas hanya mengurangi keluhan nyeri akibat ambeien tetapi tidak menyembuhkan ambeien, namun relatif lebih aman digunakan bagi ibu hamil. Bagi ibu hamil dan menyusui, tidak dianjurkan menggunakan berbagai salep ataupun obat-obat ambeien, terutama yang mengandung botolinum, hidrosmine, Centella asiatica, disodium flavodate, ekstrak French maritime pine bark, atau ekstrak biji anggur, tanpa konsultasi dokter sebelumnya

– Hindari mengedan lama pada saat buang air besar dan jangan menunda buang air besar ketika timbul keinginan untuk melakukannya.

Dalam proses persalinan, karena ibu mengedan untuk melahirkan bayi, maka tekanan dalam perut besar, akibatnya ambeien dapat kambuh; namun ambeien bukan merupakan indikasi operasi seksio sesarea karena pada umumnya ambeien akan sembuh sendiri dalam beberapa minggu setelah persalinan.

Selain itu, pada ibu pasca persalinan, dokter lebih leluasa memberi obat-obat yang diperlukan pasien. “Tetapi jika ambeien menetap, maka dapat diperlukan tindakan pembedahan”kuncinya. (dni)

Click to comment
To Top