Hati-hati dengan Mafia Notaris! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Hati-hati dengan Mafia Notaris!

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Peran notaris sudah banyak yang diselewengkan. Dunia kenotariatan sudah tidak sejalan dengan sumpah jabatan notaris. Sayangnya banyak masyarakat awam yang masih belum mengerti peran notaris.

Hal itu disampaikan pengurus Ormas Sartika Pemersatu Bangsa, Evi Nangi saat seminar bertema “Carut Marut Kenotariatan” di Gedung Joeang, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (30/10).

“Seperti halnya kasus pinjam meminjam berubah menjadi jual beli. Bahkan peran pemerintah dan penegak hukum tidak terlihat. Saya pernah melapor kasus saya ke Polda Metro, tapi dioper-oper ke Polres Bekasi, terus tidak diusut lagi,” beber Evi yang juga mengaku menjadi korban mafia kenotariatan.

Makanya, ormas yang terdiri dari praktisi hukum tersebut berkomitmen membongkar kasus-kasus besar di dunia kenotariatan. Evi pun bercerita pernah menggadaikan sertifikat apartemen miliknya untuk pinjaman, tapi notaris yang dipercayakan malah membuat sertifikat untuk jual beli.

“Pas uang ditransfer, malah dipotong uang saya itu. Pihak bank sendiri tak bertanya asal uang ini, bisa jadi pencucian uang. Jadi banyak yang dibodohi oleh mafia kenotariatan kalau kita tidak jeli,” jelas Evi.

Di tempat yang sama, pengacara Eggi Sudjana mengatakan, dunia penegakkan hukum kurang merangkul dunia kenotariatan. Padahal peran notaris sangat penting karena bisa menjadi perwakilan pemerintah.

“Kita mendorong supaya kasus-kasus lainnya yang belum terungkap kita ungkap dan kita bongkar. Kita punya banyak data tentang kecurangan-kecurangan mafia notaris di Indonesia,” kata Eggi.[wid]

loading...
Click to comment
To Top