Ini Makanan untuk Penderita Jantung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Ini Makanan untuk Penderita Jantung

Ini Makanan untuk Penderita Jantung

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penyakit jantung hanya bisa dicegah dengab pola hidup sehat. Lalu bagaimana jika terlanjur menderita pebyakit jantung?

Pendiri Yayasan Jantung Indonesia sekaligus Ketua Yayasan Jantung Indonesia cabang Makassar, Muhammad Djafar menuturkan mengatasi penyakit jantung koroner (PJK) bisa dibilang gampang-gampang susah.

Diantaranya,mengubah gaya hidup, mengonsumsi makanan sehat, mengontrol kadar gula darah, stop merokok, berolahraga secara teratur dan terukur, mencegah obesitas dan menghindari stres.

[NEXT-FAJAR]

Lantas bagaimana dengan orang yang terlanjur menderita penyakit jantung atau pasca operasi jantung?

Mantan Dekan Fakultas Olahraga UNM Makassar ini mengatakan, diperlukan pengaturan makananan sehat pada penderita jantung maupun pasca operasi jantung demi menyembuhkan luka serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Zat makanan (gizi) yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan kesehatan jantung yakni:

1. Hidrat Arang yang bersumber dari hewani maupun nabati. Diantaranya, nasi merah/putih, kue-kue rendah lemak, roti tinggi serat dan halermut. Hewani yakni,ikan laut, ayam tanpa kulit, telur dua butir per minggu, dan daging kurus. Sebaliknya, hindari kue-kue tinggi lemak, roti isi, kulit ayam, seafood (udang, cumi dan kerang) serta jeroan (babat,hati dan limpa).

2. Protein. Protein bisa diambil dari makanan di sekitar kita seperti tahu, tempe, kacang ijo dan
kacang merah. Sebaliknya, hindari kacang tanah goreng dan kacang mede goreng.

[NEXT-FAJAR]

3. Lemak. lemak yang dimaksud adalah bersumber dari minyak goreng tak jenuh. Yakni minyak jagung, margarin, minyak kacang tanah, minyak biji bunga matahari, minyak ikan dan minyak kelapa sawit.
Kemudian, hindari minyak kelapa, mentega, kelapa/santan kental serta selai tinggi lemak.

4. Sayur dan buah. Ketua Badan Pelaksana Klub Jantung, YJI menganjurkan, untuk sayur dan buah porsinya diperbanyak. Sayur yang dimaksud adalah sayur segar, sedangn buah adalah apel, pear, pepaya dan semangka. Sedangkan durian, durian, nangka matang, duku, kol, kembang kol, lobak dan nangka muda.

5.Susu. Pilih jenis susu keju rendah lemak, yogurt tanpa lemak dan susu skin. Sementara hindari susu
full cream, keju susu penuh dan yogurt penuh.(dni)

loading...
Click to comment
To Top