Ini Tugas Khusus JK kepada KSAU – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Ini Tugas Khusus JK kepada KSAU

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – ‎Wakil Presiden Jusuf Kalla memerintahkan TNI Angkatan Udara (AU) fokus membantu penanganan asap. Salah satu caranya ialah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

‎”Bapak Wapres mengarahkan kami agar terus memantau dengan BMKG. Apabila cuaca cukup berawan bisa segera membuat hujan buatan. Ini sudah kami lakukan sebelumnya,” ujar Kepala Staf TNI AU (KSAU)  Marsekal Agus Supriatna usai bertemu JK di kantor wapres, Jakarta, Jumat (30/10).

Agus menambahkan, sejauh ini cuaca di Pekanbaru sudah membaik. Hujan buatan pun bisa segera dilakukan. Hal itu tak lepas dari hujan selama lima jam yang mengguyur Pekanbaru, Kamis (29/10) kemarin. “Tiga unit pesawat milik TNI AU selalu disiapkan untuk pembuatan hujan buatan itu,” imbuh Agus.

Di sisi lain, TNI AU menyiapkan masing-masing lima unit pesawat Hercules dan CN untuk evakuasi warga jika diperlukan. “Apabila ada perintah evakuasi, kami akan segera lakukan. Kami sudah siap” tegas Agus. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top