KPK Beberkan Alasan tak Hadir Sidang Perdana Capella – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

KPK Beberkan Alasan tak Hadir Sidang Perdana Capella

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya membeber alasan absen di sidang perdana praperadilan Patrice Rio Capella, Jumat (30/10) pagi tadi

Pelaksana Harian (Plh) Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati mengatakan alasan mereka kendala administrasi menjadi alasan mangkirnya tim biro hukum KPK di sidang pembacaan gugatan eks sekjen Partai NasDem

“Perlu waktu untuk persiapan surat-surat, dokumen, dan administrasi kelengkapan lainnya. Surat resmi sudah dikirim Kamis siang kemarin ke PN Jaksel untuk minta penundaan,” kata Yuyuk saat dikonfirmasi, Jumat (30/10).

Namun informasi sumber resmi di KPK, Komisi antirasuah tidak hadir lantaran tengah berupaya merampungkan berkas perkara Patrice Rio Capella (PRC). Dalam waktu dekat, berkas dilimpahkan ke tahap penuntutan (P-21).

Hal serupa sempat diungkap Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua KPK Johan Budi SP beberapa waktu lalu.

“Tidak terlalu lama pemberkasan di tingkat penyidikan akan selesai dan segera dinaikkan ke penuntutan,” kata Johan melalui pesan singkat, Senin (26/10) lalu.

Boleh jadi alasan mangkir, karena dalam pasal 82 ayat 1 huruf d KUHAP, perkara yang sedang diajukan ke praperadilan, tetapi telah dilimpahkan ke pengadilan, maka praperadilannya dianggap gugur.

Artinya, apabila berkas perkara Rio segera dilimpah ke penuntutan kemudian disidangkan, maka bisa jadi praperadilannya hangus.

KPK menetapkan PRC sebagai tersangka suap terkait penanganan perkara korupsi dana bansos di Kejati Sumut atau Kejaksaan Agung. Dia diduga menerima suap dari gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evy Susanti sebesar Rp 200 juta.

Patrice menggugat KPK melalui praperadilan. PRC telah ditahan di rutan Klas 1 Cipinang sejak 23 Oktober lalu. (put/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top