WAGUB : Pemerintah Serius Bangun Kereta Api Trans Sulawesi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

WAGUB : Pemerintah Serius Bangun Kereta Api Trans Sulawesi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang didampingi Pj. Bupati Barru, A. Muh Yamin, dan Kepala Balai Perkeretaapian Jawa Bagian Timur, Danto Restiawan, menjemput langsung kedatangan material rel kereta api di pelabuhan laut Garongkong, Kabupaten Barru, Jumat 30 Oktober.

Datangnya material ini menurut Wagub adalah bukti keseriusan pemerintah untuk pembangunan Kereta Api Trans Sulawesi. Dengan kehadiran kereta api di Sulsel merupakan prestasi luar biasa dan membanggakan kita semua. Modal transportasi massal ini secara perlahan akan mengubah pola pandang masyarakat dalam menggunakan alat transportasi.

“Kita nanti tidak akan berhitung berapa jarak namun berapa waktu tempuh. Makassar-Barru misalnya, bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan kereta api,” ujar Agus.

Sementara itu Kepala Balai Perkeretaapian Jawa Bagian Timur, Danto Restiawan menjelaskan bahwa material rel Kereta Api yang didatangkan langsung dari Jepang ini berjumlah 8.200 lembar dan sisanya akan menyusul dari Cina dan Korea. Terkait spesifikasi teknik, kereta api yang akan dihadirkan di Sulsel memiliki teknologi yang jauh lebih unggul dibanding yang ada di Jawa dan Sumatera.

“Kecepatannya hingga 200 km per jam. Yang ada selama ini hanya 120 km per jam.
Khusus untuk trayek Makassar-Parepare diharapkan sudah bisa selesai paling lambat 2018 mendatang” pungkasnya. (Akbar)

loading...
Click to comment
To Top