‎Kebakaran Bawakaraeng Meluas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

‎Kebakaran Bawakaraeng Meluas

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA — Kebakaran hutan di Gunung Bawakareng dikabarkan semakin meluas. Setelah sempat padam, api kembali menjalar hingga ke Lembah Ramma.

Dua hari lalu, api juga sudah masuk ke Kawasan Danau Tanralili, Dusun Bawakaraeng, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi. Posisinya berada di bagian utara Gunung Bawakaraeng. Api sempat mengecil setelah menghanguskan hutan dan kebun kopi milik masyarakat. Namun rupanya di ‎bagian selatan, api kembali membesar.

“Api kembali berkobar hingga menjalar ke Lembah Ramma,” ujar Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tinggimoncong, Ardiansyah, Sabtu, 31 Oktober.

Ia mengatakan, lantaran kebakaran hutan semakin meluas, rencana perkemahan para pendaki di Lembah Ramma pun batal. Ratusan pendaki terpaksa pulang karena tidak bisa mendekat ke lokasi. Upaya pemadaman pun tak bisa maksimal karena medan yang sulit dan sumber air yang sangat minim. Untuk sementara, Bawakaraeng ditutup untuk aktivitas pendakian.

“Banyak pendaki yang pulang. Kendati ada upaya pemadaman, namun medan sangat susah. Tim gabungan sudah naik untuk upaya pemadaman itu,” imbuh Ardiansyah.

Petugas pemadam yang merupakan gabungan dinas kehutanan, pencinta alam, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) hanya bisa melakukan upaya pembatasan jalaran api. Semak-semak dibersihkan agar api tidak menjalar semakin jauh. Cuma itu yang bisa dilakukan karena tim‎ kesulitan mendekati titik api. (Ridwan Marzuki)

loading...
Click to comment
To Top