Bupati Jeneponto: Gadis Desa Pun Berkurang Karena Urbanisasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Bupati Jeneponto: Gadis Desa Pun Berkurang Karena Urbanisasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, mengaku kesal dengan urbanisasi yang terjadi, khususnya di Sulawesi Selatan. Mantan sekretaris daerah Jeneponto itu kesal, karena urbanisasi telah menghilangkan sebagian besar sumber daya manusia, bahkan sumber daya alam di desa-desa.

“Hampir tidak ada lagi sumber daya manusia di desa. Anak muda, anak usia SD, remaja, semuanya sekarang pindah ke kota. Bahkan cewek-cewek cantik di desa pun diambil oleh Makassar dan Jakarta,” beber, Iksan, saat memberi pemaparan dalam Seminar Nasional The 7th Otonomi awards 2015, yang digelar Fajar Institute for Pro Otonomi, di Hotel Sahid Makassar, Sabtu 31 Oktober.

Iksan menyebutkan, desa-desa di sejumlah daerah, termasuk di Jeneponto, kini hambar. “Sekarang, desa-desa itu diisi oleh para orang tua. Pensiunan tentara, pejabat, yang sudah tidak produktif,” katanya.

[NEXT-FAJAR]

Itu salah satu contoh yang digambarkan Iksan, untuk menyebutkan betapa kurang menariknya pertumbuhan ekonomi di desa-desa. Dia pun mengungkapkan, dana desa yang disalurkan pemerintah pusat harus bisa terserap dengan cepat.

Dana desa, yang nilainya mencapai sekitar Rp200 juta setiap desa, diharapkan bisa memacu sektor-sektor ekonomi padat karya, yang menyerap banyak tenaga kerja. “Seperti membangun infrastruktur, dan pekerjaan-pekerjaan konstruksi yang menyerap banyak tenaga kerja,” katanya.(sbi)

loading...
Click to comment
To Top