Ini Hal Penting yang Dilupakan Pemda untuk Memacu Ekonomi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ini Hal Penting yang Dilupakan Pemda untuk Memacu Ekonomi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah di sejumlah daerah, masih selalu bergantung pada anggaran-anggaran pusat atau APBN, untuk bisa membangun daerahnya, khususnya ekonomi.

Padahal, pemerintah tetap punya peluang untuk membangun daerah, dengan sumber daya yang dimiliki. Seminar nasional The 7th Otonomi awards 2015, digelar Fajar Institute for Pro Otonomi (FIPO), di Hotel Sahid Makassar, Sabtu 31 Oktober, terungkap beberapa hal sepele tapi penting, yang sering dilupakan pemerintah daerah.

Peneliti utama FIPO, Imar, menyebutkan beberapa hal tersebut, seperti penciptaan pelatihan-pelatihan untuk lapangan kerja.

“Banyak daerah yang lupa, sebenarnya peluang bekerja di daerahnya itu juga besar. Hanya diperlukan sebuah lembaga yang melatih dengan cepat para calon-calon pekerja ini, sesuai bidang kerja yang akan digeluti,” katanya.

Selain itu, inovasi paket kebijakan investasi juga penting. “Paket kebijakan investasi yang bersifat memacu penanaman modal dengan cepat ke daerah, mudah, dan tidak berbelit-belit. Ini juga kadang disepelekan,” katanya.

Hal terakhir, menurut dia, akses terhadap modal kerja, hingga mengefektifkan program-program bibit unggul padi dan kakao. Dalam seminar nasional dengan tema “Menuju Desa Mandiri dan Sejahtera” tersebut, Sekjen Pembangunan Daerah Tertinggal dijadwalkan hadir sebagai pemateri.(sbi)‎

Click to comment
To Top