Komplotan Penipu Asal Sidrap Dibekuk di Semarang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Komplotan Penipu Asal Sidrap Dibekuk di Semarang

FAJAR.CO,ID, MAKASSAR — Tim Kejahatan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah membekuk komplotan penipu berkedok undian berhadiah yang diduga berasal dari Sidrap, Sulsel.

Hingga Sabtu, 31 Oktober, tujuh orang yang dibekuk di sebuah rumah kontrakan di Griya Payung Asri Kavling 68 RT 001 RW 016, Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, masih menjalani pemeriksaan intensif. Mereka yang dibekuk masing-masing Firdaus (26), Sudarmin (34), Faisal (21), Anto Laupe (26), Laonding (38), Kasmir Kamal Uddin (21) dan Zaenal Menralo (37).

Seperti diberitakan Radar Semarang (Grup Jawapos), komplotan penjahat tersebut merupakan pelaku penipuan dengan modus menyebarkan kupon undian berhadiah. Mereka beraksi dengan memasukkan kupon berhadiah ke dalam kemasan berbagai macam produk, mulai produk minyak goreng hingga air mineral. Korban yang tergiur kupon berhadiah tersebut kemudian diminta mengirimkan uang.

Kapolsek Banyumanik, Kompol Kristanto mengatakan bahwa kasus tersebut ditangani oleh Polda Jawa Tengah. Pihaknya hanya membantu pengamanan karena lokasi kejadian berada di wilayah hukum Polsek Banyumanik. ”Kami hanya membantu di lokasi penggerebekan,” katanya.

Sebelum menggrebek kediaman pelaku, polisi telah mengintai TKP dua malam. Selain tim Jatanras, juga ada tim Unit Identifikasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) Polda Jateng di lokasi kejadian.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng, Kombes Pol Gagas Nugraha mengatakan akan mengirim sejumlah anggotanya ke Sidrap untuk menyita hasil kejahatan yang sudah dikirim para pelaku ke kampung halamannya tersebut.

Para pelaku akan dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan. Para pelaku juga terancam dijerat Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). (bs-zuk)

 

Click to comment
To Top