Puan Pastikan Korban Kabut Asap Jadi Prioritas Kemenko PMK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Puan Pastikan Korban Kabut Asap Jadi Prioritas Kemenko PMK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Pembagunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan bahwa penanganan atas korban dan masyarakat yang terkena imbas kabut asap menjadi prioritas bagi kementerian yang dipimpinnya. Karenanya, Puan akan terus memastikan agar penyaluran bantuan untuk korban kabut asap bisa maksimal.

Dalam rangka memastikan bantuan berjalan maksimal, Puan pun turun ke warga di lokasi-lokasi terdampak kabut asap. Karenanya, politikus PDI Perjuangan itu harus pulang lebih cepat saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam lawatan kenegaraan ke Amerika Serikat untuk bertemu Presiden Barack Obama pada awal pekan ini.

Puan menyatakan bahwa sejak kabut asap muncul,  Kemenko PMK telah menginstruksikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan kementerian terkait untuk memastikan upaya penanggulangan berjalan maksimal. “Termasuk menginstruksikan kepada Mensos, Mendikbud dan Menkes untuk menangani dampak kabut asap terhadap masyarakat secara maksimal,” ujar Puan melalui layanan pesan singkat, Sabtu (31/10).

Sebelumnya, mantan ketua Fraksi PDIP DPR itu selama 2 hari bertutur-turut berkunjung ke Sumatera Selatan dan pedalaman Jambi untuk mendampingi Presiden Jokowi -sapaan Joko Widodo- menyerahkan bantuan ke masyarakat korban kabut asap. Jumat (30/10), Puan menemui warga Suku Anak Dalam di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Sarolangun, Jambi.

Sedangkan hari ini Puan juga bertolak ke Palangkaraya di Kalimantan Tengah untuk menemui masyarakat korban kabut asap.  Salah satu agendanya adalah mendampingi Presiden Jokowi meninjau lahan gambut di Kalimantan Tengah. Rencannya, presiden yang dikenal dengan blusukannya itu akan berkunjung ke Kabupaten Pulang Pisau.

Menurut Puan, kementerian dan lembaga di bawah koordinasi Kemenko PMK akan terus bekerja di lapangan untuk membantu masyarakat dan korban kabut asap. “Penanganan dampak asap tetap menjadi prioritas agenda Kemenko PMK,” pungkasnya.(ara/JPNN)

loading...
Click to comment
To Top