Warga Sidoharjo Bangun Masjid Rp5 Miliar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Warga Sidoharjo Bangun Masjid Rp5 Miliar

BATANG – Desa Sidoharjo di Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, akan membangun masjid yang cukup besar. Namanya Masjid Darul Amanah. Masjid yang dulunya musholla ini dianggarkan akan menghabiskan dana tidak kurang dari Rp5 miliar yang diperoleh murni dari swadaya warga yang menyumbang sesuai kemampuan.

Kades Sidoharjo Ahmad Syukur mengatakan pembangunan tahap pertama yang difokuskan untuk pengecoran tiang pancang dan kerangka sudah selesai dan menyerap dana Rp1 miliar. Tahap kedua akan dimulai beberapa hari ke depan bersamaan dengan kegiatan mahasiswa UNNES yang sedang KKN di desanya.
Gambar rancang bangun masjid dibuat sendiri oleh Kades. “Sebenarnya ini bukan semuanya kreativitas saya karena saya mencontoh bentuk Masjid Progondo yang ada di Jepara. Saya punya niat nantinya masjid ini akan menjadi yang terindah di Kabupaten Batang dan bisa menjdi ikon Kecamatan Bawang,” katanya.
“Tujuan saya bukan untuk pamer tapi dengan adanya masjid yang indah, yang beribadah disini juga akan merasa nyaman dan khusyuk,” tambahnya.
Rencana anggaran sebesar Rp5 miliar sudah disepakati warga dengan jumlah iuran yang berbeda-beda sesuai kemampuan. “Bagi golongan mampu kami tarik 10 juta tetapi pada kenyataannya banyak yang menyumbang beberapa kali lipat secara sukarela, sedangkan warga yang kurang mampu tidak kami tarik,” jelasnya.
Pengerjaan dilakukan gotongroyong, tetapi untuk tukang batu dan tukang kayu tetap dibayar. “Untuk tenaga kami mendapat bantuan dari Koramil 04/Bawang dan Polsek Bawang yang mengirimkan personelnya ikut kerja bakti. Material kami gunakan yang kelas satu agar kekuatannya bisa diandalkan. Pasir semuanya memakai pasir Muntilan dan ukuran semen sesuai standar,” kata Kades.
Terletak di sebidang tanah yang tinggi, masjid berukuran 22X35 meter berlantai tiga ini memang belum jadi. Dari lokasi masjid bisa memandang kota Kecamatan Bawang yang berada di bawahnya. “Setelah jadi dan kubah dipasang masjid ini bisa dilihat dari wilayah Kecamatan Reban yang bersebelahan dengan Bawang karena lokasinya tinggi dan strategis, walaupun masjid ini tidak terletak di tepi jalan besar,” imbuh Danramil Bawang Kapten CZI Kuryadi yang saat itu ikut kerja bakti. (feb)

loading...
Click to comment
To Top