Hanya 7 Pulau di Pangkep Dapat Fasilitas Listrik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Hanya 7 Pulau di Pangkep Dapat Fasilitas Listrik

FAJAR.CO.ID, PANGKEP – Tujuh dari 117 pulau di Kabupaten Pangkep teraliri listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Pembangkit listriknya menggunakan tenaga surya. Pulau yang tak mendapat fasilitas listrik PLN, hanya menggunakan generator set (genset), hasil swadaya masyarakat dan bantuan pemerintah kabupaten (pemkab). Tentunya, biaya yang dikeluarkan warga, cukup mahal untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) dan waktu operasionalnya terbatas.

Warga Pulau Balang Caddi, Syamsur berharap seluruh wilayah kepulauan Kabupaten Pangkep dapat dijangkau infrastruktur listrik bertenaga surya secara terpusat. Menurut dia, jika hanya mengandalkan genset untuk sumber energi listrik, maka warga pulau akan terus tertinggal.

Sebab dayanya terbatas dan biayanya sangat mahal. “Kalau PLTS terpusat, listriknya tidak terbatas, biaya juga murah,” harapnya.

Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Pangkep, Iqbal Burhanuddin mengatakan, rasio elektrifikasi di daerah ini hingga akhir tahun 2015 sebesar 82 persen dari total jumlah penduduk Pangkep.

Menurut Burhanuddin, umumnya wilayah yang tidak teraliri listrik PLN diakibatkan karena daerahnya terisolir lantaran tidak ada jalur kendaraan.

Selain itu, wilayah kepulauan juga masih didominasi genset hasil swadaya masyarakat. “Wilayah yang belum ada jaringan listrik PLN ini kita bantu genset,” ujar Iqbal, Senin, 2 November. (Takdir/jai)

 

Click to comment
To Top