Horeee…. UMK Makassar Jadi Rp2,5 Juta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Horeee…. UMK Makassar Jadi Rp2,5 Juta

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar, Bukti A Djufri menyebutkan upah minimum kota (UMK) Makassar disepakati Rp2,5 juta. Hal itu diungkapkan Bukti  di sela-sela Jalan Sehat HUT Kota Makassar, Minggu 1 November.

Meski pengumuman UMK Makassar itu nanti dilaksanakan paa 21 November mendatang, namun dia meyakini  UMK Makassar naik 10 hingga 15 persen. “Bahkan lebih lagi dari Rp2,5 juta menurut perkiraan saya,” katanya

Penetapan UMK kata Bukti, tahun ini  disesuaikan dengan Pertumbuhan Ekonomi ditambah dengan hitungan inflasi, dan Hidup Layak pekerja. Berdasarkan Permenakertrans No. 13 Tahun 2012, dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di Makassar.

Hal tersebut juga diatur dalam pasal 90 ayat 1 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan menyebutkan pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum. Dia menegaskan pembayaran upah harus sesuai dengan UMK, dan itu wajib dilaksanakan oleh perusahaan. Bagi perusaan yang membayar upah lebih rendah dari ketentuan UMK bisa dikenakan sanksi pidana atau denda. Sanksi bagi pengusaha yang melanggar ketentuan UMK tersebut diatur dalam pasal 185 ayat 1 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003.(jai)

loading...
Click to comment
To Top