Menteri Yuddy Klaim Indeks Reformasi Birokrasi Meningkat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Menteri Yuddy Klaim Indeks Reformasi Birokrasi Meningkat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Selama setahun Kabinet Kerja berkiprah untuk rakyat, terjadi peningkatan dalam perbaikan pelaksanaan reformasi birokrasi. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya Indeks Reformasi Birokrasi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengungkapkan peningkatan tersebut terlihat dari hasil survey kepuasan pelayanan publik dan integritas yang dilaksanakan melalui kerja sama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Badan Pusat Statistik (BPS) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hasilnya, indeks reformasi birokrasi yang setahun sebelumnya berada pada angka 57,34, tahun ini meningkat menjadi 67,21.

“Hasil survei kepuasan pelayanan publik dan integritas di 21 kementerian dan lembaga juga menunjukkan rentang skor cukup baik, yakni 2,9-3,13 dari skala 4 sebagai skor terbaik,” kata Menteri Yuddy di Jakarta, Senin (2/11).

MenPAN-RB juga menilai tingkat pelayanan pemerintah semakin membaik, terlihat dari kualitas pelayanan publik di daerah, pelaksanaan penerimaan CPNS yang transparan dan pelaksanaan promosi jabatan yang kian terbuka.

Melihat hasil yang menggembirakan tersebut, menurut MenPAN-RB, gerakan revolusi mental bagi aparatur negara akan terus dilakukan secara berkelanjutan, guna mengubah kultur birokrasi dari gaya birokrasi sebagai priyayi di masa lalu menjadi birokrasi melayani.

Salah satu kementerian yang menunjukkan peningkatan paling signifikan adalah Kementerian Perhubungan. Bila pada tahun sebelumnya (2014) indeks reformasi birokrasi Kemenhub tercatat sebesar 60,02 dengan kategori B, tahun ini meningkat menjadi 70,34 dengan kategori BB.

Peningkatan indeks yang diraih Kemenhub tersebut dalam lembar evaluasi Kementerian PAN-RB dan RB disebutkan antara lain karena apresiasi atas adanya beberapa inisiatif Kementerian Perhubungan. Antara lain penyederhanaan dan memperpendek proses perizinan, implementasi teknologi informasi dalam pelayanan dan manajemen internal, serta Contact Center 151.‎(esy/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top