Pengamanan Bandara Sultan Hasanuddin Diperketat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pengamanan Bandara Sultan Hasanuddin Diperketat

MAROS, FAJAR.CO.ID — Avsec Bandara Sultan Hasanuddin mulai menerapkan sistem pemeriksaan super ketat bagi calon penumpang, mulai Senin 2 November. Hal itu berdasarkan Peraturan Kemenhub nomor 127 tahun 2015 tentang program keamanan penerbangan  nasional.

Share Departemen Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Harry Budi Waluyo mengatakan, dalam aturan baru itu penumpang yang akan melewati X-ray pasti akan diminta untuk membuka segala aksesori yang mengandung metal. “Contohnya jam tangan, cincin atau rim. Seluruh bandara di Indonesia wajib melaksanakan aturan itu,” urainya

Sebenarnya kata Harry, aturan ini sudah sejak lama dikenal, terutama di bandara internasional. Namun di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin kurang tersosialisasi dan tidak pernah diterapkan secara penuh. “Memang diperlukan sosialisasi lebih untuk penerapan sistem ini. Apalagi masih banyak pengguna jasa bandara yang belum paham,” katanya.

[NEXT-FAJAR]

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Rio Hendarto menambahkan, berdasarkan pantauannya selama ini, di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, masih banyak warga yang merasa keberatan dicopot aksesorinya. Bahkan ada yang menganggap hal itu terlalu berlebihan.

“Pemeriksaan di bandara sejauh ini berjalan dengan baik, dan akan kami coba perketat dengan menerapkan aturan ini dengan konsisten, tanpa pandang bulu. Semua yang berbahan metal wajib dilepas,” tandasnya. (ris)

Click to comment
To Top