Pengamat: Sikap AIS Memberi Pembelajaran Politik yang Baik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pengamat: Sikap AIS Memberi Pembelajaran Politik yang Baik

FAJAR.CO.ID, BARRU — Kedewasaan dan kesantunan berpolitik yang ditunjukkan pasangan Andi Idris Syukur-Suardi Saleh (AIS) menuai apresiasi dari kalangan akademisi. Mereka menganggap, sikap itu layak ditiru, karena memberikan pembelajaran politik.

Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Arqam Azikin mengatakan, sikap yang dijalankan pasangan bertagline “Bekerja untuk Rakyat” itu, seperti menjenguk Ketua DPD PAN Barru Andi Januar Tobo, merupakan hal yang sangat positif.

“Kunjungan itu sekaligus memberikan pembelajaran politik kepada elit-elit politik di lintas partai, termasuk bagi masyarakat Barru,” puji Arqam Azikin, yang tak lain perintis sekolah kebangsaan, Senin (2/11).

Arqam yang juga mantan aktivisi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) itu menguraikan, sikap yang ditunjukkan pasangan perpaduan birokrat-birokrat tersebut, dengan sendirinya memberikan dampak lebih positif untuk pencitraannya di sisa waktu yang ada.

“Bisa lebih positif, karena AIS tidak hanya memikirkan parpol pengusungnya, tapi membangun silaturahmi yang melebar ke elit-elit politik parpol yang mengusung calon lain,” tambah Arqam.

Seperti diberitakan, Idris bersama Suardi secara khusus menjenguk Andi Januar Tobo yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Barru, Minggu (1/11). Selama beberapa menit, pasangan ini mendoakan pentolan partai berlambang matahari terbit tersebut untuk lekas sembuh.

Diketahui, PAN di Pilkada Barru mengusung Malkan Amin-Salahuddin Rum. Meski demikian, Idris-Suardi tidak menjadikan alasan itu untuk memutus tali silaturahmi. Baginya, perbedaan pilihan politik jangan justru dijadikan alasan untuk tidak menjalin silaturahmi.

Menurut Idris, perbedaan pilihan merupakan hal yang biasa dalam politik. Sehingga, momentum pilkada sejatinya tidak dijadikan ruang untuk saling bermusuhan hanya karena beda dukungan. “Tanggung jawab kita bersama adalah menjaga suasana kondusif,” pinta Idris diberbagai kesempatan.(Rilis)

Click to comment
To Top