Polisi Bakal Blokir Situs Pembuat Bom – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Polisi Bakal Blokir Situs Pembuat Bom

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Polri langsung bergerak begitu memastikan bahwa pengebom Mal Alam Sutera belajar membuat bom dari dunia maya. Korps Bhayangkara pun meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menutup sejumlah situs yang memuat berbagai tips dan trik membuat bom.

Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengatakan bahwa pihaknya berupaya menghentikan seseorang yang belajar membuat bom dari dunia maya. Kata dia, hal yang bisa dilakukan adalah memblokir akses situs tersebut, tapi tidak menutup situs.

“Itu juga harus berkoordinasi dengan Kominfo,” jelasnya saat dihubungi Jawa Pos (Fajar Group), kemarin (1/11).

Saat ini Polri terus berupaya menelusuri situs mana saja yang dipastikan memuat cara membuat bom. Penelusuran bisa dimulai dari keterangan pengebom Mal Alam Sutera, Leopard Wisnu Kumala, yang sudah ditangkap polisi. “Ya, dia belajar dari internet, harus diketahui situs mana pastinya,” terang dia.

Seperti diketahui, Leopard sempat menggegerkan para pengunjung Mal Alam Sutera dengan mengebom bagian basement mal beberapa waktu lalu. Ternyata modusnya adalah pemerasan.

Dia meminta sejumah uang dalam bentuk bitcoin kepada pengeleloa mal. Tapi permintan itu tak dituruti dan dia akhirnya meledakkan bom rakitan yang dibuatkan berdasarkan panduan dari internet. Leopard pun berhasil diamankan tim gabungan Polda Metro Jaya, Densus 88, Geganda dan aparat berwenang lainnnya.  (idr/mas/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top