SYL Panen Padi di Tomoni – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

SYL Panen Padi di Tomoni

FAJAR.CO.ID, MALILI – Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo kunjungan kerja ke Kabupaten Luwu Timur melakukan panen raya padi di Kecamatan Tomoni, Senin 2 November. Panen dilakukan bersama penjabat Bupati Luwu Timur, Irman Yasin Limpo, anggota DPR, Markus Nari, Pelaksana tugas Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel, Fitriani, Ketua DPRD Luwu Timur, Amran Syam beserta unsur muspida Luwu Timur lainnya.

Syahrul Yasin Limpo menyampaikan rasa bahagia dan bangga bisa bertemu dan bertatap muka langsung dengan para petani yang merupakan pejuang ketahanan pangan. Di depan para petani, gubernur menyampaikan pada 2015 ini presiden telah mencanangkan swasembada padi dalam kurun waktu tiga tahun. “Kita harus berbahagia karena mampu panen raya di tengah musim kemarau panjang yang melanda Indonesia,” ujar Syahrul menyemangati para petani.

Dari data lahan jumlah keseluruhan lahan yang mengalami kekeringan di Sulsel yakni 16 ribu hektar. Tapi lahan yang bisa olah dalam pertanian seluas 27 ribu hektare. “Sejauh ini luas lahan panen yang terganggu akibat kekeringan mencapai 16 ribu hektare. Namun, lahan kering tersebut mampu ditutupi dengan lahan basah seluas 27 ribu hektare yang bisa dimanfaatkan untuk lahan tani padi,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sulawesi Selatan menyerahkan bantuan alat alat pertanian berupa Corn Sealer 8 Unit, Transplanter 18 unit, hand traktor 56 unit, mini combain harvaster 10 unit, traktor roda 4 1 unit, pompa air 17 unit, penggilingan padi 2 unit serta motor penyuluh sebanyak 16 unit. (Syahruddin/jai)

loading...
Click to comment
To Top