Distan Maros Ajak Petani Ikut Asuransi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Distan Maros Ajak Petani Ikut Asuransi

FAJAR.CO.ID, MAROS — Dinas Pertanian Maros menargetkan tiga ribu hektar sawah masuk asuransi. Dengan begitu, petani tidak lagi khawatir jika sawahnya secara tidak sengaja mengalami gagal panen.

Kepala Dinas Pertanian Maros Burhanudin menjelaskan, asuransi usaha tani itu adalah program nasional. Khusus Maros, dari 26 ribu hektar sawah pihaknya ingin 3 ribu hektar sawah diasuransikan. “Asuransi BUMN, Jasindo menjadi rekan kerja kami dalam program ini,” jelasnya, Selasa 3 November.

Dia merinci, petani cukup membayar Rp36 ribu per hektar per musim tanam. Jumlah itu sudah dipotong subsidi pemerintah dari pembayaran awal sejumlah Rp180 ribu. “Jika pada musim tanam itu, sawahnya fuso maka asuransi bisa mengembalikan hingga Rp6 juta per hektar,” urai Burhanuddin.

Saat ini Distan masih mendata para petani yang berminat ikut program itu. Diluncurkan Oktober lalu, Distan menarget bisa merampungkan pendataan bulan ini. “Hal itu adalah upaya kita meningkatkan kesejahteraan petani, sembari menjaga target produksi padi 6-7 ton per hektar,” tandasnya. (M Haris Syah/wik)

loading...
Click to comment
To Top