Hari Ini, Tim Gabungan Diterjunkan Atasi Kebakaran Hutan Gunung Merapi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Hari Ini, Tim Gabungan Diterjunkan Atasi Kebakaran Hutan Gunung Merapi

MAGELANG – Kebakaran hutan Gunung Merapi yang melanda wilayah Boyolali meluas ke Kabupaten Magelang. Beberapa titik kebakaran menyasar di sekitar puncak Merapi.

Diduga, kebakaran yang terjadi sejak hari Minggu (1/11) tersebut disebabkan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Hari ini Selasa (3/11) tim gabungan yang terdiri dari ratusan petugas dari BPBD, TNI. Dan Relawan masih diterjunkan untuk mengatasi pemadaman.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Sujadi menyatakan, kebakaran hutan di wilayah Boyolali mulai merambat ke wilayah hutan di Kabupaten Magelang. Api tersebar di beberpa titik salah satunya di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun Magelang. Petugas dibantu beberapa relawan dan warga terus berupaya memadamkan api secara manual dengan peralatan seadanya.
“Awalnya hari Minggu (1/11) kebakaran hutan terjadi di sekitar kandang macan. Sekarang, sudah masuk wilayah hutan pinus Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun,“ jelasnya.
Petugas hanya bisa memadamkan api dengan manual. Medan yang sulit dijangkau membuat petugas kesulitan mengerahkan mobil pemadam kebakaran, terutama di wilayah Ngargomulyo karena api merambat ke tebing yang cukup curam.
“Hari ini ratusan petugas gabungan dari BPBD dan TNI serta relawan, terus berupaya melakukan pemadaman, mengingat kebakaran hutan masih berlangsung,” terangnya, Selasa (3/11).
Sujadi belum bisa memprediksi luasan lahan yang hangus terbakar. Petugas dari Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) masih menghitung luasan pasti kebakaran hutan ini. Selain rerumputan, lahan yang terbakar diantaranya juga terdiri dari pohon pinus.
“Penyebab kebakaran diduga karen ulah orang yang tidak bertanggung jawab. Lahan yang terbakar terdiri dari rumput kering dan pohon pinus, yang sangat mudah terbakar, “ungkap Sujadi.
Salah satu relawan Heru Kelik memastikan bahwa kebakaran menyasar sampai ke hutan di wilayah Kabupaten Magelang. Ia juga belum belum bisa menyampaikan luasan hutan yang hangus terbakar.
“Kebakaran hutan masuk wilayah Magelang di pebatasan (kecamatan) Srumbung – Dukun. Api menyasar hutan pinus Deles dan Jurangjero tepi sungai Blongkeng,” tandasnya. (zis)

loading...
Click to comment
To Top