Kepala BPMPKB: Pengelolaan Dana Desa Harus Transparan dan Akuntabel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Kepala BPMPKB: Pengelolaan Dana Desa Harus Transparan dan Akuntabel

KUDUS – Desa yang ada di Kabupaten Kudus telah menerima dana desa. Pihak desa pun harus mampu mengelolanya dengan baik. Untuk mengelola dana desa itu harus transparan, akuntabel, dan bebas dari penyalahgunaan. Salah satunya, pemerintah desa dapat merencanakan pola perencanaan partisipatif pembangunan masyarakat desa (P3MD) untuk menghindari perencanaan yang tidak diinginkan oleh masyarakatnya.

Salah satunya, pemerintah desa dapat merencanakan pola perencanaan partisipatif pembangunan masyarakat desa (P3MD) untuk menghindari perencanaan yang tidak diinginkan oleh masyarakatnya. Apalagi desa banyak mendapatkan pendanaan program dan kegiatan, baik yang bersumber dari APBN, APBD provinsi, maupun kabupaten.
P3MD sendiri merupakan metode perencanaan yang sudah dikenal masyarakat yang diberi nuansa dan teknologi baru yang bertujuan untuk lebih memberdayakan masyarakat. Selain metode ini bercirikan kecermatan yang memadai, selektif, hingga mampu menggali informasi dengan baik.
Kepala BPMPKB Kudus, Sumiyatun SH, menjelaskan bahwa dalam perencanaan program harus benar-benar memenuhi kebutuhan masyarakat. “Masyarakat perlu terlibat langsung, dimulai dengan penggalian dan perumusan masalah dan potensi, prioritas masalah, tindakan yang layak, rencana kegiatan,” kata Sumiyatun.
Sumiyatun menilai P3MD memiliki tujuan untuk menyusun rencana pembangunan menjadi lebih bermutu, dalam pelaksanaan menjadi lebih bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab, serta meningkatkan dan mendorong peran serta masyarakat.
“Alat yang digunakan sederhana. Meskipun begitu kegunaannya sangat banyak dari menampung seluruh aspirasi, mendorong partisipasi, menciptakan kebersamaan, hingga meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab,” jelasnya belum lama ini.
Selain P3MD yang sudah mencakup dari keadaan desa, potensi dan penyelesaian masalah desa, hingga perencanaan. Pemerintah desa juga diharapkan optimis dalam menjalankan semua yang telah didapat baik dari pelatihan maupun penyelenggaraan Bintek Simda dan kegiatan lainnya.
Dikatakannya, peran dan tanggung jawab yang berjalan dengan semestinya dan keterlibatan masyarakat tak hanya menciptakan perencanaan yang terintegrasi dengan administrasi desa yang efektif dan akuntabel. Juga bisa menciptakan masyarakat menjadi semakin sejahtera. (nr/adv)

loading...
Click to comment
To Top