MRR-Bypass Kontrak Pertengahan November – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

MRR-Bypass Kontrak Pertengahan November

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dua megaproyek jalan baru akan dimulai November tahun ini. Keduanya yakni Middle Ring Road (MRR) dan Bypass Mamminasata. Lelang kedua proyek ini sudah selesai.

Pemenang penawaran terendah pun sudah ditentukan. Hanya saja, perusahaan pemenang tender masih dirahasiakan lantaran masih akan diusulkan ke Kementerian Keuangan untuk mendapatkan persetujuan penganggaran multiyears.

Kepala Satker Jalan Metropolitan BBPJN VI Makassar, Rahman Djamil mengatakan, usulan pememang tender sudah disampaikan ke pusat. Tinggal menunggu persetujuan. “Pekan ini kita tunggu persetujuannya. Kalau sudah ada, kita umumkan. Setelah itu diberikan waktu sepekan untuk masa sangga. Jika tidak ada protes lagi, kita langsung tanda tangan kontrak pada pertengahan November,” jelas Rahman, Selasa 3 November.

MRR dan Bypass ini memang jadi perhatian Pemprov Sulsel. Pada HUT ke-346 Sulsel 19 Oktober lalu, proyek ini pun telah dilaunching. Pemerintah pusat juga sudah menyetujui alokasi anggarannya.

MRR pada tahap pertama sudah disetujui Rp219,8 miliar. Anggaran tersebut untuk jalan sepanjang 3 kilometer yang melintang dari Jalan Perintis hingga ke Borong. Total panjang MRR ini 7 kilometer hingga ke Jalan Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa.

Sementara itu, untuk proyek Bypass Mamminasata, dari total panjang 48,1 kilometer, tahun ini sudah akan dimulai pekerjaan sepanjang 13,7 kilometer. Alokasi anggaran Rp251,2 miliar.

Sekprov Sulsel, Abdul Latif menjelaskan, dua proyek jalan ini sangat penting. Pemprov bersama Pemkot mesti bekerja keras untuk menyelesaikan persoalan lahan yang sebagai besar belum dibebaskan.

“Tidak jadi persoalan, sambil jalan fisik pada jalan yang sudah dibebaskan lahannya, kita kerja juga untuk bebaskan lahan lain. Apalagi multi years jadi masih ada waktu,” katanya. (Yusriadi/jai)

 

loading...
Click to comment
To Top