Penunggak Pajak Kendaraan di Jepara Masih Tinggi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Penunggak Pajak Kendaraan di Jepara Masih Tinggi

JEPARA – Peraturan Guber No 40 Tahun 2015 Tentang Penghapusan Sanksi Administrasi atau Denda Tunggakan Pajak di Jepara dinilai tidak optimal. Tunggakan di Bumi Kartini setiap harinya terus bertambah sekitar 55 wajib pajak baik motor maupun mobil.

Kasi Pajak dan BPNKB Samsat Jepara, Ponidi mengatakan sejak diberlakukannya pergub tersebut dari 15 September lalu hingga kini belum mampu mengurangi tunggakan secara signifikan.
Padahal upaya telah banyak dilakukannya. Baik dari door to door, menggelar operasi, dan penghapusan sanksi pergub tersebut. Tapi menurutnya pergub tersebut tak juga mempengaruhi turunnya tunggakan.
“Pengurangannya tidak sampai 10 persen. Bahkan di Jepara setiap hari terjadi penunggakan pajak sebanyak 55 orang wajib pajak. Bahkan yang telah kami peringatkan hingga tiga kali juga tidak ada respons,” ungkapnya.
Ia mencatat dari tahun 2010 hingga Desember 2014 tercatat sebanyak 134.493 obyek yang belum melakukan pendaftaran ulang baik motor maupun mobil. Atau sekitar Rp 44.854.139.431 tunggakan.
Apalagi untuk tahun ini target BPNKB sendiri di Jepara cukup tinggi. Dari Rp 103 miliar menjadi Rp 160 miliar dari tahun sebelumnya. Menurutnya target tersebut sulit dicapai di Jepara.
“Pergub ini mungkin berpengaruh jika seperti pemutihan sebelumnya dan bukan penghapusan sanksi administrasi atau denda tahun lalu,” ungkapnya.
Sementara itu, untuk tingginya penunggak wajib pajak menurutnya kebiasaan orang setelah mengangsur setahun dari pembelian banyak yang tidak diurus pajaknya. Sehingga tak heran banyak penunggak pajak di Jepara cukup tinggi. (nr)

loading...
Click to comment
To Top