Surat Edaran Kapolri Bungkam Demokrasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Surat Edaran Kapolri Bungkam Demokrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Surat Edaran (SE) Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti tentang Penyebaran Kebencian di media sosial (medsos) menyulut respon negatif. Salah satunya, pengamat politik dan hukum Uchok Sky Khadafi.

Menurut dia, surat edaran polisi sudah mengekang kebebesan berpendapat di medsos. “Membungkam demokrasi,” ujarnya, kemarin.

Padahal pendapat di medsos ini bagian dari proses kedewasaan rakyat. “Sejatinya, bukan sedang menyebar kebencian tapi saling kenal mengenal antara warga negara. Meski, berimbas pada saling serang menyerang,” ucapnya.

Sayangnya, Uchok melanjutkan, imbas saling serang menyerang itu dijadikan kesempatan Polisi untuk cari muka kepada Presiden Jokowi.

Dia meminta, agar polisi tidak usah overakting mengeluarkan ancaman pada warga medsos. Apalagi,  pendapatan atau pernyataan masih sebatas hal yang wajar.

Uchok meminta, agar SE segera dicabut. Sebab, itu juga melanggar hak asasi manusia. “Polisi sudah menjelma menjadi militerlistik yang menakutkan bagi masyarakat sipil,” pungkasnya. (rka/JPG)

loading...
Click to comment
To Top