Wow… Bawaslu Tangani Kasus Politik Uang di Barru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Wow… Bawaslu Tangani Kasus Politik Uang di Barru

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel mengambil alih penanganan kasus politik uang yang diduga dilakukan kandidat bupati Barru, Malkan Amin saat menggelar kampanye dialogis.

Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi menyatakan, sudah mendapat laporan resmi dari masyarakat mengenai dugaan politik uang tersebut. ”Ya betul tadi kita menerima laporan dari masyarat dari Barru mengenai dugaan politik uang yang terjadi di Barru. Laporan ini langsung‎ kita terima,” tandas Arumahi di Makassar, Selasa 3 November.

Laporan yang diduga terang-terangan membagi-bagikan uang ke masyarakat akan disikapi secara serius karena masuk kategori pelanggaran pidana pemilu. “Di mana-mana politik uang merupakan tindakan pidana. Karena itu laporannya kami pelajari dulu dan setelah itu kita bersikap mengenai laporan tersebut,” janji mantan wartawan Pedoman Rakyat tersebut.

Sebelumnya, kasus dugaan politik uang yang dilengkapi dengan bukti pernyataan langsung kandidat yang bersangkutan, awalnya sudah dilaporkan ke Panwaslu Tanete Rilau. Hanya saja, pengawas terkesan mengabaikan laporan tersebut.

Padahal dalam klarifikasi yang bersangkutan, kandidat mengakui memang memberikan uang ke masyarakat. Meski demikian, dia mengelak masuk kategori politik uang karena uang yang diberikan Rp100 ribu setiap orang hanya untuk pembeli ikan. Sekadar diketahui, dalam bukti rekaman, kandidat yang diduga Malkan Amin, selain berbicara membagi-bagikan uang, juga membagikan formulir ke warga untuk kupon undian umrah.

Selain itu, Malkan juga diduga menjelek-jelekkan kandidat lain dan menyebut hanya pemberian sarung layak pakai salat. Sementara pemberian sarung dari kandidat lainnya dinilai hanya cocok dipakai (maaf) buang air besar. (rilis)

 

loading...
Click to comment
To Top