Wow…. Pejabat Kementerian ESDM Tersangka Kasus Jargas Wajo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Wow…. Pejabat Kementerian ESDM Tersangka Kasus Jargas Wajo

FAJAR.CO,ID, MAKASSAR — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi proyek jaringan instalasi pipa gas (jargas) Wajo. EL merupakan pejabat pengadaan dalam pelaksanaan pekerjaan jargas Wajo. “Tersangkanya juga merupakan pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),” ujar Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejati Sulselbar, Mulyadi SH, Selasa 3 November.

Meski demikian dia menolak membeberkan nama jelas tersangka dengan alasan kejaksaan masih terus melakukan penyidikan dan pengembangan kasusnya. Sebelumnya penyidik telah menetapkan dua tersangka masing-masing Kepala Seksi Niaga Gas Bumi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Ahmad Saleh, selaku pejabat pembuat komitmen dan rekanan Direktur PT Guntur Persada, Sugianto. “Penetapan berdasarkan hasil pengembangan penyidik,” kata Mulyadi.

Mulyadi menjelaskan, berdasarkan hasil pengembangan penyidik ditemukan ada keterlibatan EL dalam pengadaan pada proyek jargas Wajo yang menimbulkan kerugian negara. “Sudah ada dua alat bukti yang telah kita kantongi dalam menyeret EL sebagai tersangka,” ungkapnya.

BUMD PT Wajo Energi Jaya, dan Energy Equity Epic Sengkang (EEES) merupakan dua perusahaan yang ditunjuk sebagai pelaksana proyek migas di Kabupaten Wajo. Pemerintah pusat melalui menteri BUMN telah menggelontorkan anggaran yang tidak sedikit untuk pembangunan proyek migas dtersebut. Dana sebesar Rp40 miliar yang dikucurkan pemerintah pusat untuk pemasangan jaringan instalasi gas rumah tangga sebanyak 4.172 titik sambungan pada Agustus lalu dan ditargetkan rampung pada September 2013. (ida/jai)

loading...
Click to comment
To Top