Dua Ranperda Inisiatif Digodok Akhir Tahun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Dua Ranperda Inisiatif Digodok Akhir Tahun

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Tahun ini DPRD bersama Pemkot Makassar menargetkan 19 ranperda disahkan. Tujuh diinisiasi DPRD, sisanya usulan pemkot. Tiga usulan Pemkot sudah disahkan, tiga lainnya menunggu pengesahan di paripurna, sedangkan satu lainnya baru akan ditentukan jadwal pembahasannya.

Wakil Ketua DPRD, Eric Horas menyebutkan, Badan Musyawarah (Bamus) telah menjadwalkan perancangan dua ranperda inisiatif Dewan pada November. Masing-masing tentang tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) serta pengelolaan dan pengendalian lingkungan hidup.

Ia sadar, produktivitas dewan terkait raperda inisiatif masih kurang. “Banyak prolegda yang tertinggal. Memang perlu ada perencanaan yang bagus. Tidak boleh meninggalkan porsi yang begitu banyak seperti saat ini.” Ujarnya.

Koordinator Advokasi Komite Pengawas Legislatif (Kopel), Musaddaq bilang. Padatnya jadwal pembahasan APBD Pokok 2016 dan kunker komisi dan banggar pengasahan dua ranperda inisiatif DPRD itu sulit di wujudkan.

“Bayangkan saja, pembahasan APBD Pokok sesuai agenda Bamus hanya dimulai 23 November, terus 16 hari pembahasan, kunjungan banggar lima hari. Kapan waktu dewan melakukan paripurna dua ranperda itu,” katanya

Ia pun, mewanti-wanti dewan untuk mewujudkan kata-katanya. “Kita lihat saja, sejauh mana tanggung jawab dewan bisa diemban,” tutupnya. (Muhammad Fadly/wik)

loading...
Click to comment
To Top