Irma Suryani Lakukan Penyuluhan Terhadap Korban Kabut Asap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Irma Suryani Lakukan Penyuluhan Terhadap Korban Kabut Asap

FAJAR.CO.ID, PULANG PISAU – Meski kabut asap mulai menipis, Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani melakukan kunjungan di rumah evakuasi “Peduli Balita Korban Asap” di Kecamatan Jabiren Raya, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Selasa (3/11).

Upaya tersebut dilakukan Irma bersama dengan para relawan gerakan melawan asap serta tim aliansi masyarkat sipil untuk membantu penanganan para korban kabut asap. Untuk diketahui, terbentuk dan berdirinya rumah evakuasi “Peduli Balita Korban Asap” dibeberapa daerah merupakan inisiatif Irma yang peduli terhadap kondisi masyarakat korban kabut asap.

“Meski kabut asap sudah menipis, kami beserta kawan-kawan aliansi masyarakat sipil akan terus melakukan langkah-langkah yang diperlukan hingga kondisi membaik,” kata Irma yang merupakan anggota Fraksi NasDem di DPR RI.

Dikatakan, dalam kunjungan tersebut, tindakan yang dilakukan oleh rombongan relawan bersama aliansi masyarakat sipil adalah lebih difokuskan pada persoalan penyuluhan kemasyarakat yang bertujuan untuk melakukan antisipasi dan penanganan jika kembali terjadi bencana kabut asap.

“Beberapa balita yang sempat menghuni posko kini sudah mulai pulang kerumah masing-masing karena kabut asap sudah mulai menipis. Sehingga mungkin langkah kami selanjutnya adalah dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk antisipasi jika terjadi kabut asap kembali,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang relawan gerakan melawan asap Emmy Hafild merinci berdasarkan data yang diperoleh dari rumah evakuasi “Peduli Balita Korban Asap” ada sekitar 79 orang balita yang sempat menghuni posko tersebut.

“Dari data 79 balita yang ada kini tersisa 8 orang balita, yang lain sudah pulang ke rumah masing-masing karena memang kabut asap sudah menipis akibat diguyur hujan berturut-turut sejakn beberapa hari kemarin,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula, Irma Suryani bersama relawan menyempatkan memberikan bantuan untuk keperluan balita, seperti bedak, minyak telon, sabun, biskuit dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan susu kemasan untuk menunjang nutrisi para balita yang menjadi korban kabut asap.

Setelah dari posko rumah evakuasi “Peduli Balita Korban Asap”, Irma Suryani bersama rombongan relawan kemudian melanjutkan kunjungan ke Desa Tumbang Nusa. Desa ini merupakan desa yang terkena paparan bencana kabut asap. Di desa tersebut, Irma bersama rombongan hanya sekedar memantau keadaan yang sudah semakin membaik. (rls/hrm)

loading...
Click to comment
To Top