Tujuh Daerah Ini Dapat Jatah Jalan Khusus di Tol Laut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Tujuh Daerah Ini Dapat Jatah Jalan Khusus di Tol Laut

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dalam rangka penyelenggaraan Program Tol Laut yang merupakan program nasional Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kementerian Perdagangan (Kemendag) beri jalan bagi para distributor dari tujuh wilayah di bagian timur Indonesia.

Ketujuh daerah itu adalah Biak, Serui, Nabire, Manokwari, Tual, Fakfak dan Kaimana. Untuk menunjang program tersebut, kata Mendag Thomas Lembong supaya dibagikan fasilitas pengoperasiannya.

“Dari Tanjung Priok Jakarta, 41 kontainer  dan dari Tanjung Perak (Surabaya) ada 36 kontainer yang memuat barang kebutuhan pokok dan barang penting, antara lain gula, beras, tepung terigu, minyak goreng, telur, bawang, besi baja, serta tripleks dan semen,” urai Lembong, Rabu (4/11).

“Semoga program ini  dapat menurunkan harga jual ke konsumen di daerah tujuan dan memperkecil disparitas harga lebih khusus bagi para pelaku usaha di bagian timur Indonesia,” ucap Menteri yang akrab disapa Tom Lembong.

Perlu diketahui bahwa, tarif angkutan laut tujuan Biak dengan menggunakan tarif normal adalah sebesar Rp48 juta per kontainer, namun melalui program ini tarif angkutan laut hanya sebesar Rp8 juta per kontainer.

“Kini masyarakat di daerah perbatasan dan daerah terluar dapat membeli barang kebutuhan pokok dan barang penting dengan harga yang lebih murah,” tukasnya.(tny/JPG)

Click to comment
To Top