Usia Masih Sangat Memungkinkan, Adnan Rutin Lakukan Donor Darah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Usia Masih Sangat Memungkinkan, Adnan Rutin Lakukan Donor Darah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Banyak orang yang tidak mengerti manfaat mendonorkan darahnya. Tapi bagi kebanyakan orang, donor darah menjadi hal penting untuk kesehatannya.
Salah satunya,  Calon Bupati Gowa nomor urut 5, Adnan Purichta Ichsan. Baginya, donor darah tiap tiga bulan menjadi sesuatu yang mesti.
Apalagi di usianya yang masih muda, yakni 30 tahun, memang masih sangat memungkinkan untuk rutin melakukan donor darah. Pasalnya, berdasarkan anjuran Palang Merah Indonesia (PMI), batas usia untuk melakukan donor hanya sampai 60 tahun. Mendonorkan darah memang tak hanya bermanfaat bagi penerima donor. Tapi orang yang mendonorkan darahnya secara rutin juga ikut mendapatkan manfaat besarnya.
Bahkan bisa menghindarkan pendonor dari beberapa penyakit. Seperti mengurangi potensi penyakit jantung. Pasalnya, orang yang rutin melakukan donor akan meningkatkan zat besi dalam darahnya.
Donor darah juga bisa membakar kalori. Pasalnya darah yang didonorkan ikut mengilangkan kalori. Menurunkan risiko kanker juga menjadi manfaat lainnya. Baik kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.
Jika anda takut darah ada akan berkurang jika melakukan donor, maka itu sama sekali keliru. Pasalnya donor darah ini juga bisa Meningkatkan produksi darah. Ada banyak manfaat lainnya dari melakukan donor darah secara rutin tersebut.
Seperti menurunkan kadar kolesterol, mencegah stroke, meningkatkan kesehatan psikologis, bagian dari periksa kesehatan, menjadi lansia yang sehat, dan lainnya. Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut tersebut. Ini sebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda hingga usia maksimal.
Adnan sendiri memang sudah menjadi bagian dari pendonor rutin di PMI. Hal ini sudah ia lakukan sejak lama. Selain untuk kesehatan, menurutnya, itu juga merupakan bagian dari tanggungjawab sosialnya sebagai orang yang sehat untuk membantu orang yang membutuhkan darah.
“Ini rutin saya lakukan tiap tiga bulan,” ujarnya, saat mendonorkan darahnya di PMI, yang berada di Mall Ratu Indah, Selasa sore, 3 November.
Di pilkada sendiri, calon bupati yang memang masih sangat memungkinkan untuk mendonorkan darahnya adalah Adnan. Pasalnya dari lima cabup, hanya Adnan yang usianya di bawah 60 tahun. (*/wik)
loading...
Click to comment
To Top