Wow… Si Gayus Makassar Jusmin Dawi Membuat Heboh Lagi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Wow… Si Gayus Makassar Jusmin Dawi Membuat Heboh Lagi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Jusmin Dawi, ‘Gayus Tambunan’ berulah lagi. Dia dilaporkan bisa keluar-masuk Lapas Makassar dengan tenangnya. Kebijakan itu tidak didapat narapidana lainnya. Setelah perbuatan terbongkar, posisi Kepala Lapas Kelas I Gunungsari, Thalib terancam sanksi berat. Itu bila terbukti terlibat dalam skandal Jusmin Dawi. Sanksi penonaktifan secara tidak hormat menanti.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Sulsel, Rachmat Prio Surardjo mengatakan, jika terbukti bersalah berdasarkan PP No.53/2010 kalapas dan jajarannya akan dievaluasi dengan melihat tingkat pelanggarannya. “Yang bersangkutan bisa diberhentikan tidak dengan hormat jika terjadi pembiaran dan dianggap kesalahan besar,” ujar Rachmat.

Dia mengaku telah memerintahkan Kepala Lapas Kelas 1 Makassar atau pejabat sementara atau Plh Lapas kelas 1 Makassar segera memasukkan kembali terpidana, Jusmin Dawi dan tidak boleh dikeluarkan.

Jusmin Dawi merupakan terpidana korupsi kredit fiktif kepemilikan mobil Bank Tabungan Negara Syariah senilai Rp44 miliar lebih. Dia dijatuhi vonis 12 tahun penjara di Pengadilan Tipikor Makassar, 19 Februari 2013 lalu setelah yang bersangkutan lama dicari.

Namun, selama di penjara, Jusmin Dawi seolah memiliki kartu khusus bisa keluar masuk penjara. Tak hanya itu, ruang tahanan Jusmin Dawi, kabarnya memiliki fasilitas khusus yang berbeda dengan tahanan lainnya.

Terbongkarnya skandal Jusman Dawi dengan petinggi Lapas Gunungsari disampaikan Kepala kantor Wilayah Kemenkum HAM Rachmat Prio Surardjo, dalam jumpa yang digelar di kantornya, Rabu 4 November. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top