Ini Lima Tokoh yang Mendapat Gelar Pahlawan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Ini Lima Tokoh yang Mendapat Gelar Pahlawan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sekretariat Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan telah memilih lima tokoh yang akan menerima gelar sebagai pahlawan nasional. Lima tokoh itu adalah almarhum (alm) Bernard Wilhem Lapian, (alm) Mas Isman, (alm) Komjen Moehammad Jasin, (alm) I Gusti Ngurah Made Agung, dan (alm) Ki Bagus Hadikusumo.

“Ini berdasarkan juga pada pengajuan masyarakat dari daerah asalnya dan juga dipilih dari sekretariat dewannya,” ujar anggota tim komunikasi presiden, Ari Dwipayana di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (5/11).

Menurut Ari, nama-nama tersebut diberikan pada Sekretariat Militer dan diajukan pada Presiden Joko Widodo. Para tokoh itu kemudian diberi gelar berdasarkan Keppres Nomor 116/TK/tahun 2015 tertanggal 4 November 2015.

Pemberian gelar ini juga didasarkan pada kebangsaan, kemanusiaan, kerakyatan, keadilan dan keteladanan para tokoh.  “Juga didasarkan pada unsur kehati-hatian, keobjektifan, keterbukaan, kesetaraan dan timbal balik,” imbuh Ari.

Pagi ini, Kamis (5/11) keluarga para tokoh tersebut akan mewakil menerima tanda gelar kehormatan yang diberikan presiden di Istana Negara. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top