Saksi TPS Pilkada Pangkep Bekerja Sukarela – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Saksi TPS Pilkada Pangkep Bekerja Sukarela

FAJAR.CO.ID, PANGKEP – Pelaksanaan pencoblosan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pangkep tinggal menghitung hari. Sejumlah pasangan kandidat mempersiapkan saksi-saksi berlapis agar suara yang diperoleh tidak hilang ataupun dicurangi.

Namun saksi berlapis tersebut hanya bekerja secara sukarela. Keempat pasangan calon bupati Pangkep, sepakat tidak membayar honor saksi TPS walaupun jumlahnya cukup banyak.  Pasangan nomor urut dua Sangkala Taepe – Ali Gaffar Patappe (Salam) misalnya, mereka menyiapkan saksi berlapis dengan jumlah 15 ribu, setiap TPS menempatkan 25 orang saksi.

Sementara Cabup nomor urut 3 Nur Ahmad hanya menyiapkan saksi satu orang setiap TPS, dia juga mengaku para saksi yang ingin bergabung dengan dirinya tersebut juga tanpa honor. Nur Ahmad mengaku, dirinya sengaja tidak menyiapkan honor agar para relawannya benar-benar bekerja tanpa berharap imbalan.

“Kami juga tidak bisa bayar mereka jika diberikan honor, mereka gabung dengan keikhlasan,” ujarnya.

Kandidat Bupati Pangkep nomor urut satu, Abd Rahman Assagaf, mengakui peranan saksi di setiap TPS sangatlah penting. Menurut dia, saksi yang telah dibentuk di setiap TPS tersebut sudah diberikan pelatihan untuk mengetahui syarat sahnya surat suara saat perhitungan nanti. Mantan wakil Bupati Pangkep ini juga menyiapkan saksi berlapis, diantaranya satu orang saksi inti dan lima orang saksi pendukung yang mengamati dari luar TPS.

Sementara ketua tim pemenangan Syamsudin Hamid – Syahban Sammana (Sahabat Sejatiku), Arfan Tualle, juga telah membentuk tim 10 untuk mengawal suara pasangan Sahabat. Menurut Arfan, 10 orang saksi yang telah terlatih tersebut nantinya membantu saksi inti yang ada dalam TPS agar satu lembar suara pun tidak hilang.(Takdir/wik)

loading...
Click to comment
To Top