Senin Depan Sidang Rio Capella Digelar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Senin Depan Sidang Rio Capella Digelar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Perkara suap ke bekas Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Patrice Rio Capella bakal segera memasuki babak baru. Tak lama lagi, anggota Komisi III DPR yang disangka menerima suap itu bakal segera duduk di kursi pesakitan di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Humas Pengadilan Tipikor Jakarta, Sutiyo Jumagi Akhirno mengungkapkan, pihaknya sudah menjadwalkan persidangan perdana atas tersangka penerima suap dari Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho itu.  “Sidang pada Senin, 9 November 2015,” kata Sutiyo saat dihubungi, Kamis (5/11).

Sutiyo menjelaskan, Pengadilan Tipikor juga sudah membentuk majelis hakim yang akan mengadili Patrice. Majelis itu terdiri dari 5 orang hakim yang dipimpin oleh hakim Artha Theresia Silalahi.

“Hakim anggotanya Sinung Hermawan, Ibnu Basuki, Joko Subagyo, dan Sigit H,” papar Sutiyo.

Sebelumnya, penyidik KPK pada 30 Oktober lalu telah melimpahkan berkas perkara Patrice kepada jaksa penuntut umum.Pelimpahan itu bertepatan dengan dimulainya sidang praperadilan yang diajukan Patrice di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk mempersoalkan surat perintah penyidikan KPK. Karenanya, pihak Patrice kemudian mencabut gugatan tersebut dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

KPK menetapkan Patrice Rio Capella sebagai tersangka penerima suap terkait penanganan perkara dana bansos yang ditangani kejaksaan pada 15 Oktober 2015. Dia diduga menerima suap sebesar Rp 200 juta dari Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evy Susanti.

Suap itu diberikan untuk mengamankan perkara dana bansos yang menyeret Gatot sebagai tersangka. Pada 23 Oktober lalu, penyidik menahan mantan anak buah Surya Paloh tersebut di rutan KPK untuk 20 hari pertama. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top