Wisuda ke-VII, Akbid Uniska Kendal Luluskan 94 Mahasiswi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Wisuda ke-VII, Akbid Uniska Kendal Luluskan 94 Mahasiswi

KENDAL, RAJA – Proses pendidikan yang berlangsung cukup lama, telah membuat Akademi Kebidanan Uniska (AKU) Kendal semakin matang dalam menempa peserta didiknya. Hal itu dibuktikan dengan kegiatan prosesi Wisuda ke-VII. Dalam kesempatan tersebut, Akbid Uniska Kendal meluluskan 94 mahasiswinya, yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten setempat, Sabtu (31/10).

Direktur Akbid Uniska Kendal, Hj Jumiatun SSIT MKes, dalam sambutannya mengatakan, 94 mahasiswi yang diwisuda kali ini berasal dari mereka yang menjalani Ujian Akhir Program (UAP) periode Juni 2015 dengan jumlah mahasiswa lulus sebanyak 86 mahasiswi. Sedangkan periode Agustus, jumlah mahasiswi yang lulus sebanyak 8 mahasiswi, sehingga genap lulusan menjadi 100 persen.

“Diharapkan mereka nantinya memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai motivator dan dinamisator pembangunan kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan ibu dan anak di Indonesia,” ujarnya.

Hingga saat ini, Akbid Uniska telah meluluskan sebanyak 453 orang dan dari data yang diperoleh hampir 98 persen dari seluruh alumninya, telah mengabdikan ilmu yang mereka peroleh pada instansi-instansi pemerintah maupun swasta. “Mereka menyebar tidak hanya di wilayah Jawa Tengah, namun juga sampai Jawa Barat, DKI jakarta, Yogyakarta, Pulau Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara serta Papua,” ungkapnya.

Guna peningkatan mutu pendidikan dari tahun ke tahun Akbid Uniska terus berbenah diri, antara lain dengan meningkatkan kompetensi dosen dalam jenjang pendidikan, maupun kompetensi dalam peningkatan mutu pendidikan pengajaran. Kegiatan pembelajaran praktikum dan klinik pun dilaksanakan di laboratorium kampus dan lahan praktik klinik di BPM, Puskesmas, dan desa di wilayah Kabupaten Kendal dan Batang. Sedangkan, Rumah Sakit yang digunakan untuk praktik klinik antara lain RSUD dr H Soewondo Kendal, RS Muhammadiyah Darrul Istiqomah-Kaliwungu, RSUD dr Adiyatma Tugurejo-Semarang, BRSUD Kalisari-Batang, dan BPRSUD Kraton-Pekalongan.

“Di bidang pendidikan dan pengajaran, kami telah mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), kurikulum inti D III Kebidanan 2011 yang dikembangkan dengan penambahan mata kuliah muatan lokal. Ini menjadi ciri dari lulusan Akbid Uniska yaitu pengobatan holistik dan pengembangan diri yang menekankan pada kewirausahaan, kepribadian, dan akhlak mulia. Hal tersebut sesuai visi Akbid Uniska yaitu menjadi Prodi Diploma III Kebidanan yang unggul di Jawa Tengah pada tahun 2030,” terangnya.

Dalam aspek penjaminan mutu, Akbid Uniska telah menyelesaikan penyusunan dokumen berupa pedoman, standar serta manual mutu. Selain itu mahasiswa Akbdi Uniska juga dapat menikmati fasilitas beasiswa yang bersumber dari Kementerian Pendidikan Nasional yaitu beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik dan beasiswa Bantaun Belajar Mahasiswa. “Mudah-mudahan kedepan Akbid Uniska juga akan dapat mengakses berbagai sumber beasiswa, sehingga dapat membantu meringankan beban orang tua mahasiswa,” ulasnya.

Sementara itu, lulusan terbaik Akbid Uniska dalam wisuda kali ini yakni Kelas Reguler (Kelas A) diraih Ayu Fitri Septina dengan IPK 3,66, Bayu Mondrokeswari dengan IPK 3,60, dan Erlin Septiani IPK 3,52. Sedangkan Kelas Ekstensi (Kelas C) peraih IPK tertinggi yakni Tri Handayani dengan IPK 3,78, disusul oleh Dwi Setyorini IPK 3,72, dan Sri Wahyuni IPK 3,67.

Turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, dr Yulianto Prabowo MKes yang juga memimpin upacara ucap sumpah dan janji bidan, Perwakilan Pemkab oleh Kadisdik Kendal, Drs Muryono SPd MPd, Dewan Pembina dan Pengurus Yayasan Uniska, Senat Akbid Uniska, Dinas Kesehatan Kendal, Ketua IBI Daerah Provinsi Jateng, Ketua IBI Cabang Kendal, Pimpinan Perguruan Tinggi di Kabupaten Kendal, Direktur RS dan Kepala Puskesmas di Kabupaten Kendal, serta tamu undangan lainnya. (rp)

loading...
Click to comment
To Top