Anak Buah Jero Wacik Mengaku Pernah Siapkan Uang untuk Stafsus SBY – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Anak Buah Jero Wacik Mengaku Pernah Siapkan Uang untuk Stafsus SBY

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Koordinator Kegiatan Satuan Kerja Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Sri Utami membenarkan adanya aliran dana dari Jero Wacik kepada staf khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Daniel Sparringa. Menurut Sri, uang untuk Daniel itu berasal dari danakick back rekanan kegiatan fiktif di Kementerian ESDM.

Sri mengatakan, dirinya pada September 2011 dihubungi oleh staf tata usaha Kementerian ESDM, Atena Falahti. “Bu Sri, tolong disiapkan uang Rp 25 juta,” kata Sri saat menjadi saksi dalam sidang perkara mantan Menteri ESDM Jero Wacik di Pengadilan Tipikor, Kamis (5/11) malam.

‎Menurut Sri, permintaan dari staf Daniel itu tidak hanya sekali. Namun, ada tiga kali permintaan selama tiga bulan. “Ada Rp 25 juta, 30 juta, terakhir Rp 40 juta,” ujarnya.

Kesaksian Sri membuat jaksa penuntut umum (JPU) KPK Dody Sukmono mengejar dengan pertanyaan lain. “Uang itu untuk apa?” tanya Dody.

Namun, Sri mengaku hanya menjalankan perintah. “Saya tidak tahu. Saya hanya diperintahkan disiapkannya segitu. Saya ditelepon sekretaris Pak Sekjen (Waryono Karno)” jawab Sri.

Dalam dakwaan atas Jero disebutkan bahwa pria asal Bali itu pernah memberikan uang sebesar Rp 610 juta untuk Daniel. Uang itu ‎‎diberikan untuk membantu kegiatan operasional staf khusus kepresidenan yang tidak dialokasikan dalam APBN. Pemberian itu dikeluarkan Jero sejak November 2011 hingga Agustus 2013. (put/JPG)

To Top