KPUD Diminta Perhatikan Aksesibilitas TPS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

KPUD Diminta Perhatikan Aksesibilitas TPS

FAJAR.CO.ID. MAROS — Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sulsel meminta KPU memberi perhatian khusus pada aksesibilitas TPS. Tersedianya TPS yang bisa diakses dengan mudah oleh penyandang disabilitas kerap diabaikan penyelenggara pemilu.

Ketua PPDI Sulsel Bambang Permadi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Sulsel agar menyosialisasikan ke bawah mengenai kebutuhan pemilih yang menyandang disabilitas.

“Namun sosialisasi yang dilakukan KPU kami rasa tidak sampai ke KPUD hingga ke TPS. Padahal kita bahkan sudah laksanakan bimtek-nya,” kritiknya, Jumat 6 November.‎

Kebutuhan TPS yang bisa diakses dengan mudah oleh penyandang disabilitas, meliputi jalan masuk yang lebar dan tidak bergelombang. Gedung lokasi TPS juga harus bisa dilalui pengguna kursi roda, paling tidak bukan digedung bertingkat yang sulit dijangkau. “Selain itu mesti ada petugas khusus untuk membantu penyandang disabilitas,” katanya.

Pada DPT di TPS, kata Bambang harus diketahui ada berapa pemilih penyandang disabilitas. Sehingga sudah bisa disediakan alat khusus mencoblos. Seperti template bagi penyandang tunanetra. “Template itu ada menunjukkan nomor dan huruf braile yang mudah dikenali tunanetra, sehingga bisa mencoblos sendiri di bilik suara,” jelas Bambang.

Sejauh ini, dari 11 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada 2015, baru Kabupaten Toraja dan Toraja Utara yang menggandeng PPDI Sulsel dalam menyediakan kebutuhan-kebutuhan penyandang disabilitas saat mencoblos.

Ketua KPUD Maros Ali Hasan menambahkan, pihaknya telah merampungkan sosialisasi terhadap penyandang disabilitas yang punya hak pilih. Jumlahnya sekira 90 orang yang tersebar di seluruh kecamatan di Maros. Petugas di TPS-pun sudah diwanti-wanti agar memprioritaskan mereka.

“Juknisnya ada untuk itu. Kami mendahulukan penyandang disabilitas untuk memilih. Aksesibilitas TPS juga sudah kami sampaikan agar diperhatikan. Mengenai template itu sudah kami sediakan,” tutupnya. (Haris Syah/Dwiyani Prihatin)

loading...
Click to comment
To Top