Pelaku Penikaman Kelamin 30 Perempuan Diduga Psikopat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Pelaku Penikaman Kelamin 30 Perempuan Diduga Psikopat

FAJAR.CO.ID, LUWU -Teror penikaman alat vital terhadap 30 perempuan di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan mengundang banyak perhatian. Salah satunya Spesialis Kejiwaan RS Haji, dr Hidajah Ide Said, SpKJ.

Ia menuturkan, pelaku yang hingga kini masih buron memiliki perilaku yang mengarah pada kelainan seksual. Tetapi apa itu, belum dipastikan. Bahkan sebelumnya sempat disebut-sebut bahwa penusukan itu adalah ulah kolor ijo.

Kemungkinannya, kata Ide, pelaku adalah seorang skizofrenia.

Skizofrenia merupakan suatu gangguan kejiwaan kompleks di mana seseorang mengalami kesulitan dalam proses berpikir sehingga menimbulkan halusinasi, delusi, gangguan berpikir dan bicara atau perilaku yang tidak biasa (dikenal sebagai gejala psikotik).

Kemungkinan lainnya adalah psikopat (sakit jiwa). Berbeda dengan skizofrenia/psikosis, seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya.

“Bisa jadi pelaku skizofrenia yang merasa mendengar wangsit mencari korban. Bisa juga seorang psikopat atau seseorang yang mempelajari suatu ilmu dengan tumbal,” katanya.

Untuk memastikan, menurut Yaya, sapaannya, butuh anamnesa atau wawancara khusus dengan pelaku untuk melihat status mentalnya.

“Masih banyak kemungkinan diagnosa untuk kasus ini karena itu pelaku memang harus cepat tertangkap,” ucapnya.(dni/shd/ars/rif)

loading...
Click to comment
To Top