Pesawat Rusia yang Jatuh Kemungkinan Serangan Bom – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Pesawat Rusia yang Jatuh Kemungkinan Serangan Bom

FAJAR.CO.ID — Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Inggris David Cameron, Kamis (5/11/2015), mengemukakan, sebuah bom kemungkinan telah menyebabkan pesawat penumpang Rusia jatuh di atas Semenanjung Sinai, Mesir, Sabtu lalu.

Perkataan Obama dan Cameron itu merongrong upaya Kairo dan Moskwa untuk mengenyampingkan dugaan adanya sebuah serangan.

Sementara itu, sejumlah maskapai penerbangan Eropa siap membawa pulang ribuan wisatawan dariresort Sharm el-Sheikh di Laut Tengah saat kekhawatiran atas masalah keamanan meningkat.

Pesawat naas yang dioperasikan maskapai penerbangan Rusia, Metrojet, itu berangkat dari Sharm el-Sheikh pada Sabtu lalu.

“Saya pikir ada kemungkinan bahwa ada bom di dalam pesawat dan kami sedang menangani hal itu sangat serius,” kata Obama kepada sebuah stasiun radio AS. Namun, dia menekankan bahwa masih terlalu dini untuk memastikan hal tesebut.

Di London, ketika Cameron sedang menerima kunjungan Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, Perdana Menteri Inggris itu mengatakan kepada wartawan bahwa “lebih mungkin ketimbang tidak bahwa bom teroris” telah menyebabkan kecelakaan tersebut.

Kelompok Negara Islam atau ISIS telah mengaku bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat itu. Pesawat yang sedang menuju Saint Petersburg itu jatuh setelah lepas landas dari Sharm el-Sheikh, menewaskan 224 orang di dalamnya, terutama para wisatawan Rusia.

Namun, Menteri Penerbangan Sipil Mesir, Hossam Kamal, mengatakan, “belum ada bukti atau data yang mengonfirmasi teori” tentang sebuah serangan dan Kremlin telah menepis hal itu sebagai “spekulasi”. (AFP)

loading...
Click to comment
To Top