Bupati Kudus Motivasi Mahasiswa UMP Purwokerto untuk Kembangkan Potensi Diri dalam Berwirausaha – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Bupati Kudus Motivasi Mahasiswa UMP Purwokerto untuk Kembangkan Potensi Diri dalam Berwirausaha

PURWOKERTO – Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa. Tentunya arah kemajuan bangsa ke depan ada di pundak para generasi penerus itu. Untuk itu mahasiswa harus memiliki pemikiran cerdas dan tindakan nyata untuk berbuat yang terbaik bagi kehidupan manusia. Demikian disampaikan Bupati Kudus H. Musthofa pada kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Sabtu (7/11).

Semua yang dilakukan, tambahnya, harus dilakukan dengan ikhlas. Tidak sekadar untuk memenuhi dan menggugurkan kewajiban semata. Termasuk harus memiliki konsep untuk arah melangkah meraih masa depan dengan jelas. Terlebih bagi mahasiswa fakultas ekonomi, harus memiliki jiwa pengembangan ekonomi termasuk jiwa wirausaha.
”Nanti ketika lulus pilihannya ada dua. Yaitu menjadi pegawai yang memiliki jiwa entrepreneurship atau menjadi pengusaha yang sukses,” papar bupati di hadapan ratusan mahasiwa yang pagi itu didampingi rektor, dekan, dan jajaran dosen UMP.
Lebih lanjut bupati yang telah lebih dari tujuh tahun memimpin Kudus itu mengatakan bahwa sebagai seorang mahasiswa harus bersyukur. Karena orang tua telah mempersiapkan diri para mahasiswa menuntut ilmu bagi pengembangan dirinya. Rasa syukur itu seharusnya diwujudkan semangat terus belajar dan mengeksplorasi potensi diri. Ini merupakan modal penting dari sisi sumber daya manusia (SDM) untuk kemajuan daerah dan bangsa secara luas.
Untuk itu, konsep teori yang diterima di bangku kuliah hendaknya bisa diaplikasikan dalam realita nyata, salah satunya dengan berwirausaha. Nantinya seiring berjalannya waktu akan banyak pelajaran baru bagi penyempurnaan teori yang telah diaplikasikan dalam praktik. Sehingga akan bisa menghadapi berbagai kondisi dalam berwirausaha.
”Wirausaha jangan hanya ada pada tataran teori. Tetapi harus dilakukan secara nyata dengan terus belajar untuk menjadi lebih baik hingga meraih sukses,” imbuhnya.
Termasuk kreativitas dan inovasi cerdas sangat penting dalam berwirausaha ini. Harus beda melakukan terobosan dalam pengembangan bisnis. Dan bukan hanya menjadi orang normatif yang sekadar mencari aman dan mengikuti yang pada umumnya terjadi. Kemajuan bisa diraih ketika bisa melewati jalan lain dari para ’pesaing’ bisnis (yang sejenis).
”Mahasiswa jangan hanya berpikir normatif. Harus bisa berpikir liar dengan pengembangan kreativitas dan inovasi nyata dalam implementasi berwirausaha,” pesannya.
Di akhir paparannya, Musthofa memberikan motivasi pada para mahasiswa agar memiliki keyakinan dan rasa percara diri yang kuat. Semua aktivitas tidak dilakukan dengan setengah-setengah atau hanya sekadar ikut-ikutan. Bingkai konservatif harus diterobos dengan dukungan relasi dan jaringan kuat bagi pengembangan bisnis secara lebih luas. (RG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top