Ini Solusi Akhiri Dualisme Golkar, Pengamat: Ical Pecat Agung… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ini Solusi Akhiri Dualisme Golkar, Pengamat: Ical Pecat Agung…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dualisme kepengurusan Partai Golkar antara Agung Laksono dan Aburizal Bakrie (Ical) masih menjadi teka-teki. Karena kedua kubu tersebut sepertinya masih terus menunjukkan perseteruan tanpa akhir.

Sampai saat ini kubu Agung ngotot sebagai parpol pendukung pemerintah. Sementara Ical, menginginkan Golkar tetap di Koalisi Merah Putih (KMP). Bahkan, kubu Agung berencana mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung.

Pengamat politik asal Universitas Indonesia (UI) Agung Suprio menilai, kubu Agung seolah membawa kepentingan pemerintah di dalamnya. “Agung bawa peran pemerintah, terlepas Ical punya legitimasi hukum yang kuat sebagai ketua umum,” ujarnya di Jakarta, Kamis (5/11).

Menurutnya, Ical bisa saja memecat Agung seketika. Sebab, Ical memiliki kewenangan dan legitimasi hukum akan hal itu. “Tapi, jika dilihat dari karakter Ical, dia pengin sekali rangkul Agung. Bahkan, seolah menspesialkan Agung yang mengakibatkan banyak pertimbangan,” terangnya.

Supirno mengatakan, keinginan Agung untuk melakukan Musyawarah Nasional (Munas) juga tampak pupus. “Sebab, kubu Ical juga tidak menginginkan hal itu dan tetap ngotot pada legitimasi hukumnya,” katanya.

Dia mengungkapkan, solusi akhir dari perselisihan Golkar hanya memiliki tiga ‎pilihan. Pertama, Ical harus menyetujui usulan Agung untuk menjadikannya sebagai ketua harian Golkar dan berpindah ke KIH.

“‎Kedua, Ical pecat Agung. Dan pilihan terakhir, mungkin saja, Agung membuat partai baru agar lepas dari Golkar,” pungkasnya. (rka/JPG)

loading...
Click to comment
To Top