Menteri Yuddy Paling Konsisten Sosialisasi Nawacita, Blusukan Hampir 500 Kali Setahun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Menteri Yuddy Paling Konsisten Sosialisasi Nawacita, Blusukan Hampir 500 Kali Setahun

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Chairman Indonesia Bureaucracy and Service Watch, Nova  Andika, menilai wajar jika dua survey kepuasan publik yang digelar menandai setahun kinerja pemerintahan mengunggulkan kinerja lima menteri, di antaranya menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi.

“Itu artinya survey yang digelar tersebut datanya valid,” kata Nova kepada pers di Jakarta, Jumat (7/11).

Dalam rilis hasil survey dua riset terpisah yang masing-masing digelar Lembaga Klimatologi Politik (LKP) dan Lembaga Survei  Jakarta (LSJ), memang terdapat kesamaan data.

Kesamaan data itu meliputi adanya lima menteri yang dinilai memiliki  kinerja yang sangat  baik,  yaitu  Menteri   Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti , Menteri   Pendidikan dan Budaya Anies Baswedan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi.

“Bila dua survey terpisah yang dilakukan dua lembaga yang berbeda tanpa adanya hubungan di antara mereka, itu menunjukkan betapa validnya data tersebut,” kata Nova.

Menurut Nova, perbedaan  angka persentase nilai hanyalah variasi yang tentu terkait erat dengan pertanyaan dan metodologi yang digunakan surveyor. Perbedaan hasil survey mengenai kelima menteri yang tergolong unggul dan berkinerja baik tersebut hanyalah pada angka persentase.

Pada survey yang dilakukan LSJ, skor Menteri Susi Pudjiastuti 64,3%, Menteri Anies Baswedan 42,5%, Menko Rizal Ramli 40,1%, Menteri Khofifah  39,6%, dan   Menteri   Yuddy Chrisnandi 36,9%.

Sedangkan pada survey yang digelar LKP, Menteri Susi mendapatkan skor 65,9%, Menteri Anies Baswedan 39,8%, Menteri Khofifah 38,1%, Menko Rizal 37,9% dan Menteri Yuddy 34,2%. “Yang menarik, posisi lima terbaik di dua survey tersebut orangnya  sama,” kata Nova.

[NEXT-FAJAR]

Nova juga yakin tak ada hubungan di antara kedua survey, karena ada hal pokok di antara kedua hasil survey yang berbeda. Ia menunjuk, bila hasil survey kepuasan yang digelar LKP menunjukkan kepuasan masyarakat akan kinerja pemerintahan meningkat signifikan, hasil survey LSJ justru sebaliknya.

“Hasil LSJ kan menegaskan bahwa secara umum ada kecenderungan penurunan tingkat kepuasan publik, meski lembag survey itu mengatakan bahwa   tren   penurunan   itu tidak mengganggu kinerja lima menteri tersebut,” tuturnya

Yang menurut Nova paling menarik, kedua hasil survey menunjuk sisi menonjol dari MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi. Pada suirvey LSJ, Yuddy dinilai masyarakat sebagai menteri yang sangat konsisten untuk menerjemahkan Nawacita, selalu menyosialisasikan revolusi mental, blusukan hampir 500 kali dalam satu tahun, dan  berani membuat kebijakan yang strategis, produktif sekaligus populis.

Sementara hasil survey LKP menyatakan bahwa kepemimpinan Yuddy di Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dinilai memiliki manajerial yang jelas, tegas dan kuat.‎ (esy/jpnn) 

loading...
Click to comment
To Top