Unisbank Gelar Training Jurnalistik Kerjasama Rakyat Jateng – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Unisbank Gelar Training Jurnalistik Kerjasama Rakyat Jateng

SEMARANG – Sekitar 30 mahasiswa dari lembaga kemahasiswaan Universitas Stikubank (UNISBANK) Kota Semarang mengikuti training jurnalistik yang diselenggarakan oleh Humas Unisbank bekerjasama dengan surat kabar Harian Rakyat Jateng (Grup Fajar). Acara diselenggarakan selama sehari penuh di lantai 9 Kampus Unisbank Mugas Kota Semarang, Sabtu 7 November 2015.

Hadir sebagai narasumber adalah Kabag Humas Unisbank Karman Sastro dan tim dari Rakyat Jateng, diantaranya Dio Hermansyah, Ibrahim, dan Sonny Wakhyono.
Training jurnalistik ini dibuka oleh Staf Bidang Kemahasiswaan, Saifurohman, yang mewakili Rektor Unisbank Semarang. “Media adalah salah satu mitra strategis Unisbank Semarang, kita berharap training Strategi Komunikasi Media ini bermanfaat bagi mahasiswa. Ada kemampuan menulis, komunikasi publik dan bagaimana strategi bekerjasama dengan media. Sederhananya bagaimana mahasiswa dapat membuat pers release,” ujar Saifurohman.
Hal senada disampaikan oleh Karman Sastro. Menurutnya, mahasiswa akan dikenalkan bagaiamana mengenal jenis,bentuk dan cara kerja media, dan tehnik-tehnik penulisan berita. Diharapkan pula, setelah training ini mahasiswa dapat menuliskan hasil hasil penelitian kampus kepada masyarakat melalui media publik, jelasnya.
Direktur Rakyat Jateng Sonny Wakhyono menuturkan, banyak ruang media yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Salah satunya adalah menulis opini, baik opini nasional ataupun lokal. Ini adalah salah satu sarana mahasiswa untuk menuliskan gagasan ataupun ide konstruktif mengenai dinamika persoalan masyarakat.
Pada akhir palatihan, Sonny Wakhyono menularkan ilmunya untuk menulis secara sederhana dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat. Di antaranya cara membuat press release. “Penulisan press release paling tidak harus memenuhi unsur 5 W + 1 H, yaitu What, When, Why, Who, Where + How,” jelasnya. (bra)

loading...
Click to comment
To Top